Soto Ayam Pak Sun, Pilihan Sarapan Pagi Di Sekitar Pakualaman Yogyakarta

Soto Ayam Pak Sun merupakan salah satu warung kakilima yang berada di trotoar Jalan Gajah Mada Yogyakarta. Keberadaannya sudah dikenal masyarakat sekitar sebagai salah satu warung soto kakilima yang memiliki cita rasa yang lumayan enak dan tidak mengecewakan. Warung ini cocok digunakan sebagai tempat sarapan pagi sebelum beraktivitas ataupun sebagai kuliner alternatif.

Soto Ayam Kampung Pak Sun merupakan warung soto ayam khas Yogyakarta yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 48, kelurahan Purwokinanti, kecamatan Pakualaman, kota Yogyakarta.

Spanduk Warung Soto Pak Sun Yogyakarta

Lokasi Warung Soto Ayam Pak Sun berada di trotoar Jalan Gajah Mada Yogyakarta tidak jauh dari Jambuluwuk Boutique Hotel atau tepatnya diseberang jalan Dwi Sakti Motor dan toko plastik Usaha. Cukup mudah menemukan warung soto ini karena warung ini merupakan satu-satunya yang menjual hidangan soto di sekitar kawasan tersebut. Dari kejauhan nampak petugas parkir warung ini yang merapikan kendaraan pengunjung agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

Pengunjung Warung Soto Pak Sun Yogyakarta

Pengunjung warung Soto Ayam Pak Sun dipersilakan duduk di meja kursi yang ada di dalam tenda warung atau lesehan di samping tenda dengan tikar. Pelayan akan menghampiri pengunjung yang datang dan segera menyajikan apa yang pengunjung pesan. Menu yang tersedia di warung soto ini hanyalah soto khas Yogyakarta dan tidak ada menu yang lain. Hanya saja pengunjung dapat menambah potongan atau bagian daging ayam kampung seperti sayap, paha, kepala, dan sebagainya.

Baca Juga  Sumber Bestik Pak Darmo, Kuliner Beef Steak Khas Solo

Sajian Soto Ayam Kampung Pak Sun Yogyakarta

Karakteristik Soto Ayam Pak Sun Yogyakarta adalah soto berkuah bening dengan sedikit lemak dibagian permukaan. Sama seperti soto khas Yogyakarta pada umumnya, komposisi penyusun soto terdapat nasi, potongan kubis, tauge, soun, seledri, daging ayam, dan tidak lupa lenthok yang terbuat dari ketela. Cita rasa Soto Ayam Kampung Pak Sun hampir sama dengan warung soto ayam khas Yogyakarta pada umumnya seperti Soto Ayam Kampung Pak Dalbe atau Soto Ayam Pak Gareng. Hanya saja terasa lebih gurih karena menggunakan lemak daging pada kuah dan sedikit banyak penyedap rasa.

Makanan pendamping untuk menikmati sajian Soto Ayam Pak Sun cukup lengkap. Sebut saja sate ayam, lenthok, gorengan tempe dan bakwan, dan kerupuk. Tempat ini cocok sebagai salah satu tempat sarapan di sekitar kota Yogyakarta sebelum memulai aktivitas. Bagi orang yang menghindari makanan berlemak sebaiknya menghindari warung soto kakilima ini dan memilih warung soto yang sedikit menggunakan lemak seperti Soto Sawah Bu Hj. Hadi S. dan sebagainya. Harga yang ditawarkan Soto Ayam Kampung Pak Sun Yogyakarta cukup untuk ukuran harga makanan soto di pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Soto Ayam Kampung Pak Sun
Jl. Gajah Mada No. 48 Yogyakarta

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Harga:

    Mantap kayaknya nih….

Kirim pendapat