Soto Ayam Pak Gareng, Kuliner Soto Di Timur Stasiun Tugu Yogyakarta

Soto Ayam Pak Gareng, Kuliner Soto Di Timur Stasiun Tugu Yogyakarta
3 (60%) 2 votes

Warung Soto Ayam Pak Gareng merupakan salah satu warung soto ayam yang berada diseberang timur Stasiun Tugu Yogyakarta. Keberadaannya cukup mencolok di pagi hari karena ramai oleh pengunjung. Daya tarik utama dari warung kakilima ini adalah soto khas Jogja yang identik dengan keberadaan lenthok. Selain itu menu hidangan pendampingnya cukup lengkap dan menggoda selera.

Soto Ayam Pak Gareng beralamat di Jalan Mangkubumi Yogyakarta, tepatnya di timur Stasiun Tugu Yogyakarta. Menyediakan soto ayam dengan tambahan lenthok khas Yogyakarta. Warung ini buka sejak pukul 06.00 hingga menjelang siang hari.

Warung Soto Ayam Pak Gareng Jalan Mangkubumi Yogyakarta Dari Luar

Lokasi Warung Soto Ayam Pak Gareng berada di tepi Jalan Mangkubumi yang sekarang berganting nama menjadi Jalan Margo utomo. Warung Soto Ayam Pak Gareng menempati tenda yang memanjang di sisi sebelah timur Stasiun Tugu Yogyakarta yang pada malam hari digunakan untuk warung lain yaitu Warung Seafood Jogja Sae. Cukup mudah menemukan warung ini karena terlihat cukup mencolok dan paling ramai diantara warung-warung yang lain.

Kendaraan pengunjung Warung Soto Ayam Pak Gareng dapat diparkir di depan warung yang menyisakan tempat untuk parkir. Petugas parkir telah berjaga dan mengatur parkir pengunjung sejak warung tersebut buka hingga berganti dengan warung lain. Memasuki Warung Soto Ayam Pak Gareng, pengunjung dipersilakan memilih tempat duduk yang masih kosong untuk ditempati atau memilih tempat duduk secara lesehan yang berada disekitarnya.

Suasana Warung Sate Telur Puyuh Di Warung Soto Ayam Pak Gareng Jalan Mangkubumi Yogyakarta

Suasana di dalam Warung Soto Ayam Pak Gareng yang menggunakan tenda semi permanen cukup ramai. Meja kursi yang tersedia hampir seluruhnya terisi, namun untuk saja masih ada satu dan dua kursi yang kosong disela-sela meja yang sedang ditempati pengunjung. Pelayan warung soto yang tanggap langsung menghampiri pengunjung yang baru datang untuk mencatat pesananannya.

Tidak lama kemudian semangkuk soto ayam beserta minuman segera tersaji di hadapan saya. Langsung saja saya segera mencicipi cita rasa soto ayam dari Warung Soto Ayam Pak Gareng. Kuahnya terasa sedikit asin bercampur manis, segar, dan gurih dengan cita rasa soto ayam khas Yogyakarta. Dari beberapa warung soto di Yogyakarta yang pernah saya cicipi, cita rasa kuah Soto Ayam Pak Gareng memiliki kesamaan rasa dengan Soto Lumayan Kang Sarman terlepas penambahan daun kemangi pada sajian soto.

Penyajian Soto Dan Hidangan Pendamping Warung Sate Telur Puyuh Di Warung Soto Ayam Pak Gareng Jalan Mangkubumi Yogyakarta

Soto Ayam Pak Gareng merupakan soto ayam khas Jogja atau Yogyakarta dimana berkuah bening atau tidak menggunakan santan sebagai bahan pembuatannya. Selain itu terdapat ciri khusus dimana menggunakan tambahan berupa lenthok goreng yang dipotong dan dicampurkan dalam penyajian soto. Lenthok goreng dibuat dari bahan singkong yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan bumbu, dibentuk bulat, dan digoreng. Lenthok memiliki rasa gurih, sedikit manis, dan sedikit asin.

Lenthok di Warung Soto Pak Gareng cukup dicari pengunjung karena rasanya cukup unik dan nikmat. Setiap orang kadang menambahkan lebih dari satu buah lenthok pada soto agar menambah selera dan mengenyangkan isi perut. Sepertinya keberadaan lenthok di Warung Soto Pak Gareng menjadi sala satu daya tarik kuliner di tempat ini. Seringkali pengunjung menanyakan ketersediaan lenthok apabila di meja tidak ditemui makanan tersebut.

Sajian Soto Ayam Pak Gareng Jalan Mangkubumi Yogyakarta

Sesuai dengan selera masing-masing penikmat soto, saya melengkapi Soto Ayam Pak Gareng dengan perasan jeruk nipis dan penambahan lenthok goreng agar cita rasa lebih kuat dan nikmat. Pemberian air perasan jeruk nipis memberikan sensasi rasa sedikit asam dan segar di mulut. Meski di dalam soto sudah terdapat potongan lenthok, tidak ada salahnya bila kita menambah potongan lenthok agar lebih puas.

Hidangan tambahan lain yang disediakan Warung Soto Ayam Pak Gareng seperti tempe goreng, tahu bacem, sate daging ayam, sate uritan, sate hati, dan sate usus yang cukup menggoda selera. Namun bila datang ke warung ini menjelang siang, biasanya hidangan tambahan telah habis diserbu pembeli.

Lenthok Di Warung Soto Ayam Pak Gareng Jalan Mangkubumi Yogyakarta

Daftar menu sekaligus harga terpasang cukup jelas di gerobak Warung Soto Ayam Pak Gareng. Pengunjung dapat memperkirakan besaran biaya yang harus dibayar selama menikmati sajian soto di warung ini. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Warung Soto Ayam Pak Gareng terhitung murah untuk ukuran warung soto di kawasan strategis di pusat kota Yogyakarta. Beberapa wisatawan yang menginap di sekitar Malioboro pun tidak ketinggalan mencoba kuliner soto khas Yogyakarta di warung soto ini.

Hal yang kurang mengenakkan saat menikmati kuliner di Jalan Mangkubumi atau Jalan Margo Utomo khususnya di Warung Soto Ayam Pak Gareng adalah keberadaan pengamen dan pengemis. Beberapa diantaranya membawa bunyi-bunyian yang menganggu pendengaran. Mereka datang secara berganti memasuki warung untuk meminta uang pada pengunjung warung. Pemilik warung soto sepertinya tidak dapat berbuat banyak dan terkesan membiarkannya saja. Harapannya semoga pemerintah kota Yogyakarta segera menindaklanjuti keberadaan pengemis dan pengamen di pusat kota Yogyakarta karena cukup meresahkan dan jumlahnya bertambah disetiap tempat. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Makanan
Soto Ayam Campur : Rp 6.000,-
Soto Ayam Pisah : Rp 7.000,-
Paha Ayam : 9.000,-
Kepala Ayam : Rp 9.000,-
Sayap Ayam : Rp 7.000,-
Nasi Putih : Rp 2.000,-
Sate Ayam : Rp 1.500,-
Sate Ati Ampela : Rp 1.500,-
Tahu Bacem : Rp 1.000,-
Krupuk : Rp 500,-
Tempe Kripik: Rp 500,-

Minuman
Milo Panas/Dingin : Rp 2.500,-/Rp 3.000,-
Susu Putih Panas/Dingin : Rp 2.500,-/Rp 3.000,-
Susu Coklat Panas/Dingin : Rp 2.500,-/Rp 3.000,-
Kopi Susu Panas/Dingin : Rp 3.000,-/Rp 3.500,-
Aqua Botol Panas/Dingin : Rp 2.500,-/Rp 3.000,-
Coffemix Panas/Dingin : Rp 2.000,-/Rp 2.500,-
Kopi Hitam Panas/Dingin : Rp 2.000,-/Rp 2.500,-
Jeruk Panas/Dingin : Rp 2.000,-/Rp 2.500,-
Teh Panas/Dingin : Rp 1.500,-/Rp 2.000,-
Aqua Gelas : Panas/Dingin : Rp 500,-/Rp 1.000,-

INFORMASI
Soto Ayam Pak Gareng
Jl. Margo Utomo (P. Mangkubumi) Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari pukul 06.00 s/d 12.00 WIB

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Jamanku nom isih 5.000 seporsi

  2. jarwadi:

    soto nya enak kakak, hanya yg agak mengganggu adalah banyaknya pengamen :(

  3. Idah Ceris:

    Velum pernah nyicipi soto yang ada daun kemanginya. Wangi mesti yo, Mas. ..

  4. EventJogja:

    enak memang sotonya, dan harus dipersiapkan udang recehnya :)

  5. Nasirullah Sitam:

    Aku diajakin dong kalo makan hahahahhhah

Kirim pendapat