Soto Ayam Pak Blo’on, Cita Rasa Soto Segar Khas Bantul

Soto Ayam Pak Blo’on merupakan daya tarik kuliner soto khas Bantul yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Bantul. Keberadaannya cukup dikenal karena cita rasanya yang khas dan cocok dilidah masyarakat sekitar. Menu utama yang ditawarkan oleh warung soto ini adalah soto ayam kampung khas Bantul dan hidangan pendamping yang cukup menggugah selera.

Warung Soto Ayam Rodho Jodo Pak Blo’on Junior terletak di Bantul Karang, RT 07, Ringinharjo, Bantul atau di area Jalan Lingkar Barat kota Bantul. Buka mulai pukul 07.00 hingga 16.00 dan saat ini belum membuka cabang.

Warung Soto Ayam Pak Bloon Dari Depan

Keberadaan Warung Soto Ayam Pak Blo’on ini cukup mewarnai kuliner soto di Bantul yang sebelumnya didominasi dengan Warung Sate Kambing dan Olahan Iwak Kali (ikan air tawar). Perjalanan menuju warung soto ini dari kota Yogyakarta membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit atau setengah jam. Cukup jauh dan cukup lama demi mencicipi semangkuk soto yang membuat kami penasaran.

Lokasi Warung Soto Ayam Pak Blo’on cukup mudah ditemui dan tanpa bertanya kami dapat mengira-ira lokasinya dan tiba dilokasi tanpa tersesat terlebih dahulu. Dari kejauhan tampak beberapa parkir kendaraan baik roda empat maupun roda dua di halaman warung. Kami langsung memarkir sepeda motor di tempat yang disediakan dan memasuki warung soto tersebut.

Soto Ayam Rodho Jodo Pak Blo’on Junior ini merupakan warung soto yang diteruskan oleh putra dari Pak Blo’on di warung yang sama. Tidak diketahui kapan warung ini pertama kali dibuka, namun yang pasti sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Suasana Warung Soto Ayam Pak Bloon

Kami pun langsung disambut oleh pelayan Warung Soto Ayam Pak Blo’on untuk memesan menu yang ada. Hidangan satu-satunya di warung soto ini adalah soto ayam kampung khas pedesaan Bantul. Kami diberi pilihan untuk menikmati soto diantaranya soto biasa atau soto campur, soto pisah, dan soto dengan tambahan potongan daging atau jerohan ayam. Setelah memesan menu soto beserta minuman, kami langsung duduk di meja yang masih kosong.

Baca Juga  Situs Arca Ganesha Di Rerimbunan Semak Dawangsari Sleman

Tidak lama kemudian, pesanan soto yang kami pesan dihidangkan. Kami sengaja memesan soto campur untuk mencicipi daya tarik khas Warung Soto Ayam Pak Blo’on. Dilihat dari penampilan dan warna kuahnya, ada kemiripan dengan Soto Sawah yang berada di pinggiran kota Yogyakarta. Kuahnya terlihat bening dan segar tanpa terlihat adanya lemak atau minyak pada tepian kuah.

Semangkuk Soto Ayam Pak Bloon

Saat mencicipinya, memang benar kuahnya terasa segar dan sedikit gurih khas kaldu ayam kampung. Tidak terasa bahan penyedap makanan tambahan seperti monosodium glutamat (micin) dalam kuah ini dan kami berani merekomendasikan bagi pecinta kuliner yang memiliki pantangan terhadap penyedap makanan buatan tersebut. Bumbu soto yang dicampurkan pun terasa halus di lidah dan tetap mencirikan bahwa makanan tersebut adalah soto.

Bakwan Warung Soto Ayam Pak Blo'on

Irisan jeruk nipis yang disediakan melengkapi dalam menikmati soto ayam khas pedesaan Bantul ini. Komposisi dalam semangkuk soto terbilang biasa dan hampir sama dengan warung soto yang lain. Sebut saja nasi, soun, tauge, potongan daging ayam kampung, seledri, dan taburan bawang goreng serta kuah. Namun cita rasa kuah dan bumbu soto yang segar lain daripada yang lain membuat kuliner soto di Warung Soto Rodho Jodo Pak Blo’on menjadi terkenal di sekitar Bantul.

Tahu Bacem Warung Soto Ayam Pak Blo'on

Tidak ketinggalan tahu bacem, aneka gorengan, dan aneka kerupuk menjadi makanan pendamping dalam menikmati hidangan soto. Keberadaan tahu bacem inilah memberikan ciri pada Soto Ayam Rodho Jodo Pak Blo’on sebagai soto Jawa dan soto khas pedesaan Bantul dan membedakan dengan soto-soto dari daerah lain di Indonesia. Rasa tahu bacem di warung ini cenderung manis dan sedikit gurih sama seperti rasa tahu bacem yang biasa kita temukan di warung-warung makan.

Baca Juga  Mie Ayam Pak Untung Barat Aniem Kotagede Yogyakarta

Harga per porsi soto ayam kampung cukup murah untuk ukuran soto di pinggiran kota dan sebanding dengan rasa yang ditawarkan. Warung Soto Rodho Jodo Pak Blo’on ini menarik untuk dicicipi dan menjadi tempat bersantap menjelang siang ketika sedang berkunjung ke sekitar kota Bantul. Selain itu, hidangan soto di tempat ini yang bebas dari penyedap rasa buatan (msg) dan menggunakan daging ayam kampung yang rendah lemak cocok dinikmati untuk semua kalangan khususnya para orang tua. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Soto Ayam Rodho Jodo Pak Blo'on Junior
Dusun Karang, RT 07, Ringinharjo, Bantul (Jalan Lingkar Barat kota Bantul)
Buka pukul 07.00 s/d 16.00 WIB

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Jarwadi MJ:

    traktir aku makan2 di sana kakak :)

  2. Idah Ceris:

    Mas, serius ada ikan darat? Hahaha
    Soto bening emg lebih seger, ketimbang soto santan yeee.

  3. alligator sky:

    waduh kemaren ga sempet kesini nih, besok-besok kalo lg ke bantul bisa lah mampir ke sini

Kirim pendapat