Soto Ayam Kampung Pak Pono, Sensasi Rasa Soto Dari Jogokaryan

Soto Ayam Kampung Pak Pono, Sensasi Rasa Soto Dari Jogokaryan
2.6 (52%) 5 votes

Soto Ayam Kampung Pak Pono merupakan daya tarik kuliner soto di daerah Jogokaryan Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal oleh para pecinta hidangan soto dan cocok menjadi tempat bersantap pagi atau sarapan di daerah selatan Yogyakarta. Menu andalan dan satu-satunya warung ini adalah soto dengan daging ayam asli.

Soto Ayam Kampung Pak Pono beralamat di Jalan Jogokaryan No. 39, Mantrijeron, kota Yogyakarta.

suasana-warung-soto-ayam-kampung-pak-pono-yogyakarta

Lokasi Soto Ayam Kampung Pak Pono berada di tepi Jalan Jogokaryan. Rute termudah menuju warung soto ini dari kawasan Nol Kilometer ke arah timur hingga perempatan Gondomanan. Selanjutnya ambil jalan ke selatan atau ke kanan hingga Pojok Beteng Wetan. Pada perempatan Pojok Beteng Wetan ke arah selatan melewati Jalan Parangtritis hingga tiba di perempatan Pom Bensin Jogokaryan. Ambil jalan ke kanan atau ke arah barat hingga tiba di lokasi warung. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area tepi jalan karena keterbatasan lahan bangunan warung.

sajian-soto-ayam-kampung-pak-pono-yogyakarta

Menu utama dan satu-satunya di Warung Soto Ayam Kampung Pak Pono adalah soto ayam. Namun pelanggan masih dapat menambah potongan daging ayam bila kurang seperti bagian kepala dan ati ampela. Penyajian soto ayam di Warung Soto Ayam Kampung Pak Pono sama seperti penyajian soto khas Jogja pada umumnya dengan menggunakan mangkok berwarna putih. Nasi putih pada bagian dasar diikuti dengan tauge, soun, potongan daging ayam kampung, dan seledri. Tidak ada ciri khusus soto seperti penambahan lenthok, tahu bacem, atau perkedel seperti soto-soto Jogja kebanyakan.

Saat mencicipi rasa Soto Ayam Kampung Pak Pono terasa gurih dan segar dengan kaldu ayam kampung yang khas. Tidak terlihat adanya gumpalan lemak atau minyak pada kuah soto dan penggunaan bahan penyedap rasa tambahan masih dalam batasan normal. Bumbu soto terasa cukup ringan seperti Soto Sawah namun masih terasa kurang saat saya mencicipinya. Adanya irisan jeruk nipis memberikan sensasi lain dalam bersantap hidangan soto. Potongan daging asyam kampung kadang terasa alot atau kurang empuk. Hal tersebut disebabkan serat daging ayam kampung lebih kuat dan tebal dibandingkan ayam broiler. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga soto daging ayam kampung asli di sekitar Yogyakarta. Secara keseluruhan warung soto ayam kampung Pak Pono dapat menjadipilihan sarapan di sekitar Jalan Parangtritis dan wilayah Jogja selatan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat