Sop Senerek Pak Parto, Nostalgia Kuliner Sop Kacang Merah Khas Magelang

Sop Senerek Pak Parto, Nostalgia Kuliner Sop Kacang Merah Khas Magelang
4 (80%) 1 vote

Sop Senerek Pak Parto merupakan daya tarik kuliner sop senerek yang cukup legendaris di pusat kota Magelang. Tahun bedirinya warung sop ini kurang diketahui namun yang pasti hampir bersamaan dengan warung sop senerek legendaris lain yaitu Warung Sop Senerek Bu Atmo. Pada awalnya, Warung Sop senerek Pak Parto berjualan di dalam Pasar Rejowinangun Magelang. Namun setelah pasar tersebut terbakar, warung sop ini pindah ke bangunan permanen di dalam kawasan bekas Terminal Lama Magelang.

Warung Sop Senerek Pak Parto beralamat di Jalan Iklas, Pertokoan Rejo Mulyo Blok C No. 12, Sub Terminal Lama Magelang, Jalan Jendral Sudirman, kelurahan Magersari, kecamatan Magelang Selatan, kota Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi Sop Senerek Pak Parto berada di tengah-tengah bekas atau Sub Terminal Lama Magelang. Rute termudah menuju warung sop ini dari Mall Artos Magelang ke arah pusat kota atau ke utara melewati Jalan Jendral Sudirman. Ikuti jalan terus hingga menemui pertigaan lampu merah. Pilih jalan lurus sejauh belasan meter di sisi kiri ada area pertokoan pusat oleh-oleh dan kios-kios kecil. Area tersebut merupakan pertokoan Sub Terminal Lama Magelang. Posisi warung sop tersebut berada di dalam area bekas terminal tersebut dan dekat dengan area parkir ziarah Gunung Tidar dan Petilasan Syeh Subakir.

Menu utama yang ditawarkan Warung Sop Senerek Pak Parto adalah sajian nasi sop senerek namun ada beberapa menu lain seperti sop iga, sop buntut, cingur, brongkos, dan nasi pecel. Asal usul Sop Senereg sendiri berasal dari hidangan Belanda yang bernama “Snert Soup” yang artinya sup kacang polong. Masuknya budaya Belanda di kota Magelang dikarenakan pada zaman penjajahan dahulu banyak orang Belanda bermukim di kota ini. Akibatnya terjadi pertukaran budaya salah satunya adalah makanan atau kuliner.

Penyajian sop senerek di Warung Sop Senerek Pak Parto menggunakan piring tanggung berwarna putih dengan motif biru. Antara nasi dengan sop senerek dijadikan satu piring seperti penyajian soto sehingga harus segera dimakan agar nasi tidak lembek. Pengunjung juga dapat meminta antara nasi putih dan sup kacang polong dipisah piring. Komposisi penyusun sajian sop senerek terdiri dari nasi putih, potongan wortel, daun bayam, kacang merah, rajangan daun bawang, dan irisan daging sapi.

Kuah sop senerek terlihat cukup bening mirip seperti sayur bening atau sayur bayam. Tidak terlihat adanya minyak, lemak, bahkan butiran kasar bumbu pada kuah sop. Saat mencicipi kuahnya terasa kaldu daging sapi asli namun terasa cukup ringan. Selain itu tidak terasa adanya penyedap rasa buatan atau monosodum glutamat (msg) sehingga layak dikonsumsi oleh berbagai usia. Bumbu rempah seperti lada dan pala juga terasa ringan namun cukup menghangatkan tubuh saat disantap pagi. Jadi dapat disimpulkan cita rasa yang diusung sajian ini adalah rasa gurih yang tidak berlebih dan menyegarkan ketika disantap.

Hidangan tambahan sebagai pendamping bersantap sop senerek ada beberapa macam antara lain perkedel kentang, perkdel daging, tempe goreng, bakwan goreng, babat, iso, hati sapi, telur asin, dan kerupuk. Saya memilih memesan babat iso sebagai hidangan pendamping sop senerek. Babat Iso dibumbu kemudian digoreng yang suhu dan waktu pemasakan yang cukup pas. Sehingga dihasilkan babat iso yang meresap bumbunya, terasa lunak, dan tingkatn kematangan yang pas. Harga yang ditawarkan Warung Sop Senerek Pak Parto tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Warung ini cocok digunakan sebagai tempat sarapan bahkan bersantap siang. Secara keseluruhan Warung Sop Senerek Pak Parto dapat menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner di daerah Magelang. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Sop Senerek Pak Parto
Jl. Iklas, Pertokoan Rejo Mulyo Blok C No. 12, Sub Terminal Lama Magelang, Jalan Jendral Sudirman, kelurahan Magersari, kecamatan Magelang Selatan, kota Magelang, Jawa Tengah

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.00 s/d 16.00 WIB

Kirim pendapat