Sensasi Rasa Pedas Sop Merah Di Pojok Lampu Merah

Kata “merah” dalam makanan identik dengan rasa pedas dan itu terdapat dalam salah satu kuliner unik di Yogyakarta yang bernama Sop Merah. Kuliner sop merah merupakan kuliner andalan di sebuah warung sederhana di kawasan kota Yogyakarta sebelah selatan dan mungkin menjadi satu-satunya kuliner Sop Merah karena belum ada warung yang menjual menu serupa.

Warung Sop Merah (Sup Ayam Merah) terletak di pertigaan Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Kolonel Sugiyono Yogyakarta. Menyediakan menu utama dan satu-satunya yaitu sop ayam merah pedas. Warung Sop Merah ini buka dari jam 5 sore hingga habis.

Tempat Pemesanan Menu Warung Sop Merah Jogja

Lokasi Warung Sop Merah berada di selatan kota Yogyakarta. Rute dari kawasan Nol Kilometer Yogyakarta ke arah timur menuju perempatan Gondomanan. Dari perempatan Gondomanan pilih jalan ke kanan menuju ke perempatan Pojok Beteng Wetan. Ambilah jalan ke arah kiri hingga menemui sebuah pertigaan dengan lampu lalulintas. Posisi warung tersebut tepat berada di pojokan pertigaan jalan tersebut. Alternatif lain dari Jalan Taman Siswa ke selatan hingga perempatan Tungkak, kemudian belok ke arah barat atau ke kanan sekitar 200 meter.

Bangunan Warung Sop Merah cukup sempit dan berhimpit dengan bangunan toko bangunan yang ada disebelah timurnya dan garasi rumah penduduk pada bagian selatannya. Warung ini tidak menyediakan area parkir untuk kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Pengunjung yang datang ke warung ini harus memarkir kendaraan roda dua diatas trotoar sekitar warung. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat harus memarkir kendaraannya lebih jauh karena disekitar lampu lalulintas terdapat larangan parkir di tepi jalan. Keberadaan petugas parkir di Warung Sop Merah cukup menolong pengunjung dalam mengatur parkir kendaraan.

Warung Sop Merah berdiri pada tahun 1993 dengan nama Warung Sop Merah Bu Asih. Seiring berjalannya waktu, warung ini lebih dikenal sebagai Warung Sop Merah saja. Resep Sop Merah ini cukup sederhana dan hampir sama dengan resep sop ayam yang mendapat tambahan pasta atau gilingan cabe.

Lauk Tambahan Warung Sop Merah Jogja

Pengunjung Warung Sop Merah dipersilakan memesan lebih dahulu di meja atau loket pemesanan menu makanan yang berada di depan. Ada dua pilihan menu Sop Merah di warung ini yaitu sop merah biasa dan sop merah dengan tambahan potongan bagian ayam. Pengunjung dipersilkan mengambil sendiri potongan bagian ayam yang diletakkan di depan meja pemesanan. Beberapa potongan bagian ayam yang tersedia antara lain ati rempela, cakar (ceker) ayam, kepala ayam, paha ayam, sayap ayam, dan dada ayam.

Baca Juga  Soto Jakarta Bang Madun, Kuliner Kakilima Di Tepi Jalan Barito Kebayoran Baru

Setelah memesan Sop Merah, pengunjung mendapatkan nomor antrian dan dipersilakan duduk di tempat duduk yang masih kosong. Tempat duduk yang disediakan oleh Warung Sop Merah berada di dalam ruangan dan di luar ruangan atau tepi jalan. Jumlah tempat duduk di Warung Sop Merah cukup terbatas karena sempitnya ruangan warung. Bagi pengunjung yang tidak mendapatkan tempat duduk dipersilakan menunggu dengan berdiri atau mencari tempat duduk seadanya.

Suasana Warung Sop Merah Setelah Renovasi

Sesuai salah satu moto Warung Sop Merah yaitu ‘sabar mengantri’, pengunjung harus bersabar untuk menunggu pesanannya diolah dan disajikan. Penyajian Sop Merah hampir sama dengan penyajian bakmi Jawa dimana proses pemasakannya satu per satu atau per porsi penyajian. Proses pemasakan dilakukan sendiri oleh Bu Asih dan tidak diwakilkan oleh karyawannya. Karyawannya hanya bertugas membantu Bu Asih dalam memasak dan yang lain mengerjakan tugas lain.

Sambil menunggu pesanan Sop Merah, pengunjung ditawari salah seorang karyawan warung untuk memesan minuman. Menu minuman di Warung Sop Merah hanya terdapat teh panas/es dan jeruk panas/es. Selebihnya tidak ada menu minuman yang lain. Hidangan tambahan yang disajikan di meja makan antara lain tempe goreng, bakwan goreng, dan beberapa jenis kerupuk saja. Bila dirata-rata waktu pengunjung menunggu pesanan mulai 20 menit hingga mendekati waktu satu jam tergantung tingkat keramaian warung.

Minuman Teh Dan Nomor Antrian Warung Sop Merah Jogja

Penyajian Sop Merah terkesan biasa saja dimana sop merah disajikan dengan mangkok berwarna putih bergambar iklan produk penyedap rasa. Hampir sama dengan penyajian kuliner soto, bakso, dan mie ayam yang dijajakan oleh pedagang keliling. Kondisi Sop Merah masih panas karena langsung disajikan setelah dimasak. Bau bumbu ‘merah’ nya cukup tajam dan sedikit menusuk hidung. Rasanya tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Baca Juga  Lezatnya Kuliner Ikan Air Tawar Di Warung Apung Rawa Jombor Klaten

Dalam semangkuk Sop Merah berisi potongan daging ayam, telur rebus utuh, potongan wortel, potongan tomat, potongan daun bawang, dan taburan seledri. Kuahnya berwarna kemerahan hasil dari gilingan cabe bercampur kaldu dan bumbu lain. Saat mencicipi rasa Sop Merah, rasa pedas terasa cukup dominan diantara rasa yang lain. Rasa lain yang tampak dari Sop Merah selain rasa pedas adalah rasa gurih dan rasa sedikit asin. Kaldu ayam dalam kuah terasa sebagai kaldu asli dari daging ayam buat kaldu buatan.

Sajian Sop Merah Jogja

Saat menikmati Sop Merah, keringat orang yang memakannya pun bercucuran karena sensasi rasa pedas yang ditawarkan. Tidak heran bila moto ‘Pedas Berkeringat’ menjadi moto kedua Warung Sop Merah ini. Mengenai rasa pedas pada sajian Sop Merah tidak menggunakan level seperti kuliner makanan pedas saat ini. Pengunjung hanya diberi dua pilihan rasa Sop Merah yaitu pedas sedang dan pedas.

Warung Sop Merah tidak membuka cabang dimanapun hingga saat ini. Sepertinya warung ini ingin menjaga cita rasa yang ditawarkan dan tidak ingin kualitas rasanya turun apabila membuka cabang warung di lain tempat. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan nyaman di dompet. Meskipun saat ini mulai bermunculan warung yang menyajikan sop merah, Warung Sop merah ini tetap mendapat perhatian penikmatnya karena rasa yang ditawarkan tetap terjaga dan tidak tergantikan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Sop Merah (Hot! Red n' Roll! Spicy Chicken Soup)
Jl. Kolonel Sugiyono 74 Yogyakarta
Telp: -
Twitter: @sopmerah

Jam Buka
Setiap hari pukul 17.00 s/d 22.00 WIB

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. fotodeka:

    kak wes pindah panggon kan rasane, aku yo rung nemu panggon anyar. *rasane lho*

  2. dian:

    Untuk citarasa sop merah terlalu banyak vetsin, dan cenderung tidak ada rasa… sangan tidak direkomendasikan bagi yang memiliki citarasa sumatera atau indonesia bagian timur… rating nilai 4

    • admin:

      Hi dian,
      Teirma kasih atas testimoninya :-)

  3. setyopuguh:

    Saat saya dijogja 2004-2012 enak sekali waktu masak masih satu porsi lgsg..tp terakhir 2017 kecewa sekali krn rasa berbeda dan sdh tdk se enak dl krn sdh tdk dimasak langsung tp sdh jadi di wadah besar..pokokx kecewa berat tdk seenak saat msh dimasak langsung

Kirim pendapat