Sop Kaki Kambing Bang Udin Yogyakarta, Gurihnya Sop Kambing Khas Betawi Tanah Abang

Sop Kaki Kambing Bang Udin merupakan warung sop kaki kambing yang dilabeli khas Tanah Abang Jakarta. Namanya hampir sama dengan nama Sop Kaki Kambing Bang Udin yang tersebar di daerah Jakarta dan Tangerang, entah apa warung ini merupakan cabangnya atau ada kesamaan nama yang tidak disengaja. Bagi sebagian orang, warung ini cukup direkomendasi karena sudah berdiri lama yaitu lebih dari 2 (dua) dekade atau 20 tahunan lebih dan cita rasanya yang tidak mengecewakan.

Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin beralamat di Jalan Cik Di Tiro No. 29, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55223.

Lokasi Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin berada di seberang Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta dan sebelah selatan dari gerbang masuk SMP Negeri 1 Yogyakarta. Warung kakilima ini menggunakan tenda sederhana di area trotoar jalan dengan lampu yang cukup terang pada malam hari. Spanduknya cukup besar dan terlihat jelas dari tepi jalan. Parkir kendaraan roda dua dan roda empat pengunjung warung ini menggunakan area parkir halaman SMP Negeri 1 Yogyakarta yang ada disebelahnya.

Pengunjung Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin dipersilakan mengambil sendiri potongan tulang dan jerohan kambing yang akan disantap. Ada beberapa pilihan potongan bagian kambing mulai dari tulang kaki, kikil, tulang ekor, tulang iga, paru-paru, hati, babat, usus, limpa, potongan daging bagian kepala, lidah, hingga otak kambing. Setelah selesai memilih, pilihan tersebut diberikan kepada pelayanan untuk diracik menjadi sop. Pengunjung dipersilakan memesan minuman dan mencari tempat duduk yang kosong. Pelayan akan mengantarkan pesanan pengunjung saat sop selesai dimasak.

Penyajian sop kaki kambing di Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin menggunakan piring berukuran tanggung. Selain kuah kental berwarna putih yang terdiri dari santan kelapa, susu dan minyak samin, ada beberapa bahan yang ditambahkan seperti potongan tomat, daun bawang, dan emping melinjo khas hidangan betawi. Di meja makan sendiri disediakan sambal, kecap, irisan jeruk purut, acar, emping melinjo dan kerupuk sebagai pelengkap menikmati sop kaki kambing. Potongan bagian kambing yang ada terasa cukup empk dan tidak terkesan alot. Bumbunya pun cukup meresap hingga kedalam daging dan tulang. Cita rasa masakan sup ini cenderung gurih, sedikit asam karena perasan jeruk nipis, sedikit asin dan benar-benar khas masakan Betawi. Harga yang ditawarkan cenderung mahal namun sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin dapat menjadi salah satu pilihan utama bersantap sop kaki kambing khas Betawi di sekitar kampus Universitas Gadjah Mada, Terban, dan Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Upacara Adat Ngalangi Pantai Wediombo, Salah Satu Bukti Kerukunan Masyarakat Gunungkidul
INFORMASI
Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin
Jl. Cik Di Tiro No. 29, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55223

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 24.00 WIB

Kirim pendapat