Sop Empal Bu Haryoko, Kuliner Sop Legendaris Dari Muntilan

Sop Empal Bu Haryoko merupakan daya tarik kuliner yang cukup legendaris di daerah Muntilan Magelang. Warung ini telah berdiri sejak tahun 70an dan telah diturunkan hingga 3 generasi yaitu Bu Haryoko sendiri. Sebelumnya usaha sop empal ini dirintis oleh neneknya, Mbah Karto dan dilanjutkan oleh ibunya, Mbah Ngalim. Warung ini sengaja tidak membuka cabang untuk menjaga pesona dan cita rasanya.

Warung Sop Empal Bu Haryoko beralamat di Jalan Veteran No. 9, Sayangan, kecamatan Muntilan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lokasi Warung Sop Empal Bu Haryoko berada di pinggir jalan samping Klenteng Hok An Kiong Muntilan. Rute termudah dari arah Yogyakarta melewati Jalan Pemuda Muntilan yang merupakan jalan satu arah. Perhatian sisi sebelah kanan ada bangunan Klenteng sebelum Pasar Muntilan dan jalan  kecil masuk ke arah kanan di sampingnya. Ambil jalan ke arah kanan tersebut dan sekitar 30 meter posisi warung makan ada di sisi kanan jalan. Area parkir yang disediakan cukup terbatas dengan menggunakan badan jalan.

Warung Sop Empal Bu Haryoko menempati bangunan bercat hijau dengan spanduk bersponsor yang cukup besar. Pada bagian dalamnya cukup menampung pengunjung hingga 30 orang saja sehingga kadang pada jam-jam makan banyak pengunjung yang tidak kebagian tempat duduk dan berdiri menunggu pengunjung yang lain selesai makan. Menu makanan dan minuman yang disajikan warung ini dijamin halal meskipun letaknya berada di dekat klenteng dan berada di lingkungan etnis Tionghoa atau China. Hal lain yang menarik adalah sebagian besar pengunjung warung makan ini adalah warga keturunan Tionghoa. Pengunjung lain pun sepertinya tidak sungkan untuk duduk dan menyantap makanan bersama-sama. Sepertinya Ibu Haryoko yang seorang muslim sukses menyatukan lidah masyarakat Jawa dengan Tionghoa melalui sop empalnya.

Baca Juga  Tio Ciu Bang Sinyo, Kuliner Chinese Food Di Gejayan Yogyakarta

Penyajian sop empal Di Warung Sop Empal Bu Haryoko disajikan dalam 2 (dua) piring. Piring pertama berukuran tanggung berwarna putih berisi nasi putih bercampur dengan sop berkuah yang terdiri dari bihun, potongan daun kubis, dan taburan bawang goreng. Piring kedua berukuran kecil yang berisi sepotong empal daging sapi dengan ukuran yang cukup besar dan sambal. Porsinya terbilang pas untuk ukuran sarapan pagi namun terlihat kurang untuk porsi makan siang.

Nasi sup bihunnya terasa cukup segar ketika dinikmati dengan bumbu yang cukup ringan. Kuah sup yang terbuat dari rebusan daging sapi terlihat bening dan tidak berminyak sehingga cocok dinikmati untuk semua kalangan. Saat mencicipi empal daging sapi, cita rasa daging cukup menonjol dengan variasi rasa gurih dan sedikit manis yang tidak menonjol. Bumbu empal terasa ringan dan bisa diketahui resep yang digunakan cukup sederhana, hanya bawang merah, bawang putih, garam, lada, dan gula jawa. Tidak ada penggunaan monosodium glutamat (msg) atau penyedap rasa buatan bila lidah penikmat atau pengunjung cukup peka dengan bahan tambahan ini. Selain itu tekstur daging masih terlihat utuh dan segar meskipun ketika dikunyah terasa empuk atau lunak.

Harga yang ditawarkan Warung Sop Empal Bu Haryoko Muntilan tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Warung ini cocok digunakan sebagai tempat sarapan bahkan bersantap siang. Secara keseluruhan Warung Sop Empal Bu Haryoko dapat menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner di daerah Muntilan dan satu jalan dengan wisata Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut, dan Ketep Pass Magelang bila dari arah Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Sop Empal Bu Haryoko
Jl. Veteran No. 9, kecamatan Muntilan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.00 s/d 15.00 WIB

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ella Fitria:

    Wah masuk wishlist kl mudik ke tempat mbah di Wonosari nih.. Biasanya dari Banjarnegara aku lewat Muntilan biar langsung tembus Piyungan.. Tp baru tahu ada Sop ini, hhh

    • admin:

      Hi Ella Fitria,
      Selamat mencicipi kalau mudik ke Wonosari :-)

Kirim pendapat