Sop Buntut Bu Ugi, Cita Rasa Kuliner Tawangmangu Karanganyar

Warung Makan Bu Ugi di kawasan Tawangmangu sepertinya masih menjadi satu-satunya tempat bila ingin mencicipi pesona kuliner di tempat ini. Keberadaan Warung Makan Bu Ugi yang telah ada sejak puluhan tahun lalu memberikan daya tarik yang belum tergantikan oleh warung-warung baru yang banyak bermunculan di kawasan Tawangmangu.

Warung Makan Bu Ugi Spesial Sop dan Pecel beralamat di Jalan Tawangmangu – Sarangan Km 2, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Menyediakan menu utama berupa sop buntut (sop iga) sapi, nasi pecel, dan garangasem.

Warung Bu Ugi dari Depan

Bagi yang belum pernah ke Warung Makan Bu Ugi, janganlah membayangkan bahwa warung ini luas dan mampu menampung banyak orang. Kenyataannya warung ini cukup kecil dan hanya mampu menampung kurang dari 50 orang. Area parkir kendaraannya pun cukup terbatas dan beberapa kendaraan beroda empat terpaksa parkir di tepi jalan raya.

Kami tiba di Warung Bu Ugi tepat waktu jam makan siang setelah sebelumnya berkeliling kawasan Tawangmangu. Terang saja area parkir penuh sesak dan kendaraan harus kami parkir di seberang jalan depan warung. Untung saja petugas parkir dengan sigap mengarahkan kami sehingga tidak mengganggu lalu lintas jalan yang cukup ramai.

Warung Makan Bu Ugi menyediakan menu Sop Buntut Sapi atau Sop Iga Sapi sejak tahun 1980 dan belum membuka cabang di tempat lain.

Penyajian Sop Iga Sapi Warung Bu Ugi Tawangmangu

Memasuki Warung Makan Bu Ugi, hampir seluruh meja kursi yang ada telah dipenuhi pengunjung. Untung saja ada meja kosong yang baru selesai dibersihkan oleh pelayan dan kami segera menempatinya. Menu andalan berupa sop buntut langsung kami pesan bersama minuman hangat untuk menghilangkan hawa dingin.

Baca Juga  Daftar Informasi Lokasi Perkebunan Kopi Di Jawa Tengah

Pelayanan Warung Makan Bu Ugi dengan cekatan segera menyajikan pesanan kami. Sop Buntut Sapi disajikan masih panas langsung dari kompor karena udara dingin pegunungan cepat membuat makanan menjadi dingin. Bau harum dan gurih dari Sop Buntut Sapi membuat kami tidak sabar ingin menyantapnya.

Suasana Warung Bu Ugi Tawangmangu

Kuah Sop Buntut Sapi terasa gurih dan segar karena campuran irisan buah tomat dan perasan jeruk nipis. Keberadaan perasan jeruk nipis ini berfungsi mengurangi rasa eneg atau terlalu gurih yang ditimbulkan dari lemak iga dan buntut sapi. Bila perasan jeruk nipis kurang, kita bisa meminta lagi irisan jeruk nipis kepada pelayan.

Bumbu dari kuah Sop Buntut Sapi cukup terasa dilidah, meskipun demikian cukup nyaman dimulut. Potongan iga dan buntut sapi berukuran besar dengan daging yang empuk membuat lidah ingin segera menyantapnya lagi. Tidak ketinggalan campuran sayuran pelengkap seperti potongan wortel, kentang, dan daun seledri dalam Sop Buntut Sapi yang menarik untuk disantap.

Seporsi Sop Iga Sapi Warung Bu Ugi Tawangmangu

Secara keseluruhan Sop Buntut Sapi atau ada orang yang menyebutnya Sop Iga Sapi cukup lezat untuk disantap dengan porsi yang memuaskan. Endapan lemak dalam kuah cukup sedikit karena telah dilakukan beberapa kali penyaringan saat pemasakan. Beberapa orang mengatakan bahwa belum lengkap berwisata ke Tawangmangu kalau belum mencicipi kuliner di Warung Makan Bu Ugi.

Bila Anda kurang menyukai makanan berbahan Sapi, ada alternatif kuliner di Warung Makan Bu Ugi yang tidak kalah menarik yakni Nasi Pecel dan Garangasem. Nasi Pecel di Warung Bu Ugi juga tidak kalah tersohor karena menunya sudah ada sebelum Sop BuntutSapi. Harga yang ditawarkan cukup pantas untuk mendapatkan rasa dan daya tarik yang belum tertandingi di kawasan Tawangmangu ini. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. dafhy:

    Untung bacanya setelah berbuka. Haduh bikin ngiler nih makanan mas :v

Kirim pendapat