Situs Sumberwatu Sleman Dan Sulitnya Akses Pengunjung

Situs Sumberwatu merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang ditemukan di perbukitan Sambirejo Prambanan. Keberadaan situs ini jarang diketahui karena letaknya tersembunyi di dalam kompleks restoran dan resort mewah di atas perbukitan belakang Kraton Ratu Boko.

Situs Sumberwatu beralamat di dusun Sumberwatu, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55571.

Lokasi Situs Sumberwatu berada di dalam Kompleks Sumberwatu Heritage Resort. Rute menuju situs ini dari pusat kota Yogyakarta ke timur menuju arah Candi Prambanan melewati jalan Jogja-Solo. Pada gapura perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah ada jalan kecil ke kanan dan belok ke jalan tersebut. Namun pengunjung tidak dapat langsung berbelok karena harus memutar balik pada persimpangan dekat pintu masuk Taman Wisata Candi Prambanan. Ikuti jalan kecil tersebut yang mengarah ke Sumberwatu Heritage Resort dan Candi Barong yang berada di atas perbukitan. 

Sumberwatu Heritage Resort ini cukup ketat pengamanannya dan tidak semua orang dapat masuk kedalamnya kecuali tamu yang menginap. Bagi pengunjung yang akan masuk ke area restorannya harus melakukan reservasi terlebih dahulu Namun pengunjung yang ingin melihat Situs Sumberwatu saja harus mengajukan perijinan kepada pengelola atau pihak keamanan. Proses perijinan masuk cukup berbelit dan terkesan diperssulit. Cukup disayangkan Situs Sumberwatu susah diakses oleh warga atau masyarakat biasa.

Baca Juga  8 Kuliner Favorit Di Jalan Imogiri Yogyakarta

Situs Sumberwatu yang direkonstruksi berupa sebuah bangunan stupa setinggi 5 (lima) meter berbahan batu andersit dan batu putih. Bentuk dan ukuran stupa di situs ini hampir sama dengan stupa perwara di Kompleks Candi Plaosan. Beberapa batuan yang tidak terpasang disusun di tepi area taman. Pengelola membangun taman di sekeliling situs untuk memperindah suasana namun kesannya membuat situs ini tidak tampak seperti situs peninggalan sejarah. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai Situs Sumberwatu ini namun diduga memiliki kaitan erat dengan Situs Arca Ganesha Dawangsari di perbukitan Dawangsari Prambanan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat