Daftar Candi Dan Situs Bersejarah Di Tulungagung

Tulungagung yang wilayahnya berdekatan dengan pusat kerajaan pada zaman dahulu ditemukan beberapa situs bersejarah. Jumlah situs bersejarah yang ditemukan hanya beberapa buah tidak sebanyak di daerah pusat pemerintahan kerajaan pada zaman dahulu. Berikut adalah daftar candi dan situs bersejarah di kabupaten Tulungagung yang berhasil kami rangkum :

1. Candi Sanggrahan

Candi Sanggrahan Tulungagung Dari Pintu Masuk

Candi Sanggarahan atau Candi Cukup merupakan situs candi terbesar dan terluas yang berada di wilayah kabupaten Tulungagung. Secara administratif Candi Sanggrahan berada di di dusun Sanggrahan, desa Sanggrahan, kecamatan Boyolangu, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Baca artikel selengkapnya di Candi Sanggrahan, Situs Candi Terbesar Di Tulungagung

2. Candi Boyolangu

Candi Boyolangu (Candi Gayatri/Candi Gilang) secara administratif berada di dusun Dadapan, desa Boyolangu, kecamatan Boyolangu kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

3. Candi Dadi

Candi Dadi secara administratif berada di dusun Mojo, desa Wajak Kidul, kecamatan Boyolangu, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

4. Candi Mirigambar

Candi Mirigambar (Miri Gambar) secara administratif berada di  dusun Gambar, desa Miri Gambar, kecamatan Sumbergempol, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

5. Candi Ampel

Candi Ampel (Candi Ngampel) secara administratif berada di dusun Joho, desa Ngampel, kecamatan Kalidawir, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Baca Juga  Pura Luhur Poten, Pura Di Tengah Lautan Pasir Bromo

6. Candi Penampihan

Candi Penampihan Secara Administratif berada di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, kabupaten Tulungagung

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Asiiik, dapet lokasi obyek buruan di Tulungagung :D

  2. Josefine:

    Main ke Jawa Timur memang asyik, ya. Dan candinya juga banyak yang bisa dikunjungi.

    *dihapus admin, iklan tidak diperbolehkan*

  3. Machrusin:

    Candi ngampel berada di dusun ngampel desa joho kecamatan kalidawir

Kirim pendapat