Situs Penampungan BCB Mlati

Rate this post

Siapa menduga bahwa di kawasan Mlati banyak ditemukan peninggalan potongan batuan candi. Hal terlihat jelas saat saya mengunjungi sebuah situs penampungan candi atau benda cagar budaya di daerah Mlati Sleman. Namanya Situs Penampungan Mlati dan tempat ini merupakan kunjungan kedua saya pada sebuah situs penampungan cagar budaya setelah sebelumnya berkunjung ke Situs Penampungan Sokoliman.

Situs Penampungan Benda Cagar Budaya Mlati terletak di Desa Cebongan, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Merupakan kawasan penampungan benda-benda cagar budaya di daerah Mlati yang dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta.

Depan Situs Penampungan Mlati

Lokasi Situs Penampungan Mlati ini jarang diketahui masyarakat sekitar karena lokasinya berada di belakang markas kodim dan tidak ada papan petunjuk informasinya. Selain itu keberadaannya tidak menarik untuk menjadi tempat wisata karena fungsi sebenarnya adalah menjadi tempat penampungan sementara, penelitian, pendataan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan arkeologi.

Saat tiba di Situs Penampungan Mlati, saya langsung disambut penjaga situs dan mengutarakan maksud kedatangan saya yaitu melihat koleksi benda-benda cagar budaya yang tersimpan di tempat ini. Setelah mengisi buku tamu, saya dipersilakan berkeliling Situs Penampungan Mlati. Suasana Situs Penampungan Mlati tampak sepi namun terlihat bersih dan terawat dengan baik.

Benda Cagar Budaya Yang Dikumpulkan di Situs Penampungan Mlati

Benda cagar budaya seperti potongan batuan candi bagian atap, relief dinding, lingga, yoni, arca batu, dan sebagainya ditata menurut penomoran dan code yang telah ditentukan. Penataan yang dilakukan berfungsi untuk mempermudah pencarian informasi dan menghindari tertukarnya batuan candi. Pemberian nomor dan code dilakukan dengan cara menuliskan angka di sudut batuan dengan cat berwarna putih. Data dari penomoran dan code tersebut dapat dilihat di kantor Situs Penampungan Mlati.

Baca Juga  Museum Purbakala Pleret

Koleksi Situs Penampungan Mlati didominasi oleh penemuan yoni dengan bermacam-macam ukuran dan bentuk, beberapa sambungan batuan candi, antefik, yoni, dan berbagai macam arca. Meski kondisinya banyak yang sudah tidak utuh, beberapa bagian merupakan bagian yang cukup penting pada susunan candi. Seluruh koleksi yang ditemukan diperkirakan dari peninggalan sejak zaman klassik hingga zaman kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Annosmile in Situs Penampungan Seyegan

Kondisi benda cagar budaya yang diletakkan di Situs Penampungan Sokoliman cukup terawat dengan baik. Meski sebagian besar benda cagar budaya kondisinya sudah tidak utuh lagi saat ditemukan, benda-benda tersebut masih dibersihkan dengan baik agar tidak bertambah kerusakaannya seperti tumbuhnya lumut dipermukaan batu yang mengakibatkan pelapukan. Saat saya berkeliling, saya melihat salah seorang penjaga sedang membersihkan salah satu potongan batu relief candi dengan menggunakan kuas.

Melihat banyaknya penemuan benda cagar budaya di kawasan Mlati membuat saya berkesimpulan bahwa kawasan Mlati tidak ada bedanya dengan kawasan Prambanan yang saat ini diperkirakan masih banyak candi yang terpendam di dalam tanah. Meskipun hanya ditemukan beberapa potong batuan candi saja, tidak menutup kemungkinan nantinya ditemukan kompleks atau bangunan candi yang cukup besar. Seperti halnya Candi Bedingin yang baru-baru saja ini ditemukan dan sedang dilakukan penggalian oleh sekelompok arkeolog. (text/foto: annosmile)

 

Kirim pendapat