Situs Payak Atau Candi Bintaran Di Piyungan Bantul

Situs Payak merupakan salah satu peninggalan sejarah yang ditemukan di wilayah Piyungan Bantul. Keberadaan situs ini jarang diketahui karena letaknya tersembunyi dan hanya tersisa susunan batu seperti pondasi candi saja. Diduga situs ini merupakan situs pentirtaan atau tempat air suci bagi orang-orang zaman dahulu. Saat ini situs pentirtaan ini telah dipugar dan dibuatkan pagar keliling.

Situs Payak atau dikenal masyarakat sekitar dengan nama Candi Bintaran terletak di dusun Bintaran Wetan, desa Srimulyo, kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Papan Nama Situs Payak Di Piyungan Bantul

Lokasi Situs Payak Bantul tidak jauh dari Jalan Wonosari yang menghubungkan pusat kota Yogyakarta dengan pusat ibukota kabupaten Gunungkidul. Patokannya ikuti jalan hingga tiba di Jalan Wonosari Km 12. Dari tepi jalan terlihat papan petunjuk arah menuju ke situs peninggalan sejarah ini. Akses jalan menuju situs ini cukup sempit karena melewati area pemukiman penduduk di daerah pedesaan. Ikuti jalan hingga ujung dan akan menemukan sebuah area yang dikelilingi pagar tanaman keliling. Letak Situs Payak berada di balik pagar tanaman tersebut dan posisinya lebih rendah dari area disekitarnya. Pintu masuk situs terdapat di sisi selatan pagar namun kadang terkunci karena penjaga situs sering tidak berada ditempat.

Baca Juga  Papan Nama Jalan Malioboro Memang Istimewa

Pondasi Situs Payak Di Piyungan Bantul

Padahal zaman dahulu, situs pentirtaan seperti Situs Payak memiliki perananan penting dalam upacara keagamaan dan kegiatan keagamaan. Air yang diambil situs pentirtaan merupakan air suci dan dianggap keramat bagi orang-orang zaman dahulu. Menurut informasi yang didapat, Situs Payak ditemukan saat dilakukan penggalian tanah untuk pembuatan batu bata. Tidak diketahui mengapa posisi situs ini lebih rendah dari daerah sekitarnya dan tertimbun oleh tanah.

Bangunan yang tersisa dari Situs Payak berupa batu putih berukuran 3 x 1 meter dengan bentuk U. Posisi situs pentirtaan menghadap ke arah barat daya. Pada bagian dasar situs terdapat lubang yang diduga sebagai saluran pembuangan air. Mata air yang konon keluar dari celah-celah tanah sudah mengalir lagi atau mengering. Peninggalan lain yang ditemukan di situs ini adalah Arca Siwa dan saat ini telah diamankan oleh BP3 Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Situs Payak (Candi Bintaran)
Dusun Bintaran Wetan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

PETA

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Kalau melihat posisi situs dari ketinggian permukaan jalan. Dulunya ada bencana apa ya sampai bisa terpendam jauh di dalam gitu ya?

  2. Ditter:

    Kalo ga salah dulu aku pernah lihat papan petunjuk itu, tapi terus bablas, ngga sempet mampir ke sana….

  3. dewitya:

    Kereeen tempatnya

Kirim pendapat