Situs Ngejaman Malioboro

Situs Ngejaman Malioboro
Rate this post

Sebuah tugu yang berisi jam tua di tepi Jalan Malioboro ini sering lepas dari perhatian kita. Padahal tugu yang sering disebut Ngejaman Malioboro ini menjadi salah satu saksi bisu sejarah masa lampau kota Yogyakarta jauh sebelum era kemerdekaan.

Fungsi Tugu Ngejaman Malioboro sebagai papan petunjuk waktu pada zaman dahulu dimana jam atau arloji masih merupakan barang langka. Tidak diketahui pasti kapan dibangun namun pada tahun 1857 ada yang mendokumentasikan keberadaan tugu jam ini.

Tugu Ngejaman Malioboro ini berada di sebelah utara Gedung Agung dan tepat di depan gereja kristen Margomulyo. Saat ini Tugu Ngejaman Malioboro dikelilingi oleh taman dan sempat badan tugu beserta jamnya dikelilingi lampu sehingga terlihat menyala di malam hari. Namun entah mengapa sekarang lampu tersebut mati dan belum diperbaiki lagi.

Tugu Ngejaman Malioboro saat ini dibangun trotoar untuk pejalan kaki dan sebuah taman kecil disampingnya. Pot taman di area Tugu Ngejaman ini kadang digunakan pengunjung Malioboro untuk duduk-duduk santai dan kadang jalan digunakan untuk parkir kendaraan bermotor apabila parkir sepeda motor di area gereja sudah penuh sesak.

Kondisi jam di tugu ngejaman masih berfungsi walaupun penghitungan waktu kadang kurang akurat yang menyebabkan kurang pas dengan waktu sebenarnya. Harapannya di dekat tugu tersebut diberi papan informasi mengenai informasi sejarah sehingga orang yang melewatinya bisa membaca dan mengetahui asal usulnya. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat