Situs Liyangan, Peninggalan Sejarah Yang Masih Misterius

Situs Liyangan, Peninggalan Sejarah Yang Masih Misterius
3 (60%) 1 vote

Situs Liyangan merupakan situs purbakala yang belum lama ditemukan di daerah Temanggung. Keberadaan situs candi ini sempat heboh dan ramai diperbincangkan karena usianya diprediksi lebih tua daripada Candi Borobudur dengan area yang cukup luas. Saat ini para ahli masih berupaya memecahkan misteri yang menyelimuti situs candi ini.

Situs Liyangan terletak di dusun Liyangan, desa Purbasari, kecamatan Ngadirejo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lokasi Situs Liyangan berada di kawasan penambang pasir lereng Gunung Sindoro sisi timur. Rute dari kota Temanggung ke arah barat laut menuju ke Parakan kemudian dilanjutkan ke arah Ngadirejo. Setelah melewati Pasar Ngadirejo ada jalan kecil ke arah kiri menuju ke Situs Liyangan. Akses menuju lokasi situs sudah dapat dilalui hingga kendaraan beroda empat.

Situs Liyangan ditemukan pada tahun 2008 oleh para penambang pasir yang saat ini masih beraktivitas di sekitar kawasan situs atau candi. Situs tersebut ditemukan pada kedalaman sekitar 8 meter dibawah permukaan tanah. Penemuan candi tersebut berkembang meluas di beberapa titik dan menghasilkan keberagaman bentuk mulai dari bangunan talud, candi, bekas rumah kayu dan bambu, struktur bangunan batu, lampu dari bahan tanah liat, dan tembikar berbagai bentuk. Walaupun telah ditetapkan sebagai kawasan situs peninggalan sejarah, di sekitar area situs masih dilakukan penambangan pasir lereng Gunung Sindoro.

Kawasan Situs Liyangan baru satu area yang dipugar dimana terdapat beberapa bangunan pondasi candi kuno dan salah satu yang masih utuh terdapat sebuah yoni. Sedangkan area lain yang tersebar di beberapa titik belum dilakukan pemugaran dan hanya diberi tanda papan informasi berikut fungsi dari bagian tersebut.

Secara keseluruhan Situs Liyangan cocok dikembangakan sebagai wisata edukasi dan sejarah. Informasi mengenai bagian-bagian dan penemuan candi cukup jelas dan terpasang pada papan informasi di setiap area candi. Rencana kedepannya kawasan situs akan dikembangkan menjadi wisata sejarah yang sepaket dengan Umbul Jumprit dan Candi Pringapus. Belum ada informasi dan penelitian lebih lanjut mengenai Situs Liyangan karena masih dalam tahap ekskavasi dan penelitian. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Situs Liyangan
Dusun Liyangan, desa Purbasari, kecamatan Ngadirejo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Kirim pendapat