Please disable any ad-blocker you are using in your browser.

Situs Kedaton Pleret

Rate this post

Kawasan Pleret merupakan kawasan yang memiliki kaitan erat dengan sejarah perkembangan Mataram Islam di Indonesia. Kawasan ini pernah digunakan menjadi ibukota pemerintahan setelah berpindah dari Kraton Mataram Kerta. Sisa-sisa kejayaan Kerajaan Mataram Islam di kawasan ini masih sedikit terkuak mengingat baru sedikit sekali puing-puing ditemukan. Salahsatunya adalah Situs Kedaton yang merupakan salah satu peninggalan sejarah Kraton Pleret (Mataram Islam)

Situs Kedaton Pleret terletak di Dusun Kedaton, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Situs Kedaton ini berupa bagian benteng keliling keraton (cepuri) bagian selatan.

Lokasi Situs Kedaton Pleret berada di antara pemukiman penduduk. Dari jalan utama tidak ditemukan papan informasi peninggalan Situs Kraton Pleret. Akhirnya kami mencoba menelusuri  perkampungan penduduk dan akhirnya kami tiba di kawasan Situs Kedaton Pleret.

Situs Kedaton Pleret dikelilingi oleh pagar bambu yang dicat warna merah putih. Hanya sebuah papan yang memberikan informasi bahwa kawasan ini merupakan kawasan cagar budaya dan tidak ada informasi lebih lengkap mengenai situs ini. Kawasan ini juga masih dikelilingi oleh kebun penduduk dan di dekatnya terdapat pemukiman penduduk.

Kawasan Situs Kedaton ini sepertinya sedang diteliti dan proses eskavasi masih belum rampung. Terlihat baru dilakukan penggalian dengan luas kurang lebih 10 meter persegi dengan panjang sekitar 5 meter dan lebar 2 meter. Menurut informasi kawasan ini merupakan tangga dari sebuah ujung benteng berikut dinding benteng bagian selatan dari Kraton Pleret pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Islam. Diperkirakan masih banyak situs-situs peninggalan Kerajaan Mataram di kawasan ini yang mash tertimbun di dalam tanah. (text/foto: annosmile)

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Tri Setyo Wijanarko:

    iki pleret bantul kang? aku kalo ke jogja pulangnya ke pleret tapi nggak ngerti kalo ada situs ini.. :|

  2. mila:

    waaaah… ini yang istananya Amangkurat I itu ya? masih ada ya?
    mau kesanaaaa…. tapi kog cuman tangganya, mana istana nya? O_o

  3. arqu3fiq:

    Wah…keren masih ada peninggalan sejarah. Patut di kunjungi bagi pengemar wisata bersejarah. Tapi koq jauh ya…di Mataram.

  4. kang Soleh:

    aslmkm.perlu diteliti lebih lanjut…jangan putus sampai disitu.Agar fitur situs tersebut bisa menjdi LINK bg anak bangsa…

  5. arif:

    keren sebetulnya, meskipun kondisinya kurang terawat ya

Kirim pendapat

error: Content is protected !!