Situs Arca Gupala Sleman, Konon Penampungan Arca Candi

Situs Arca Gupala merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang ditemukan di perbukitan Sambirejo Prambanan. Konon situs ini merupakan penampungan arca candi dan relief candi yang berserakan di sekitar perbukitan. Keberadaan situs ini jarang diketahui karena letaknya tersembunyi dibalik hutan perbukitan tepi pemukiman penduduk dan bukan merupakan obyek wisata seperti Candi Ijo yang ada di dekatnya.

Situs Arca Gupala (Gupolo) terletak di dusun Groyokan, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Situs Arca Gupala berada di daerah perbukitan Sambirejo Prambanan. Rute menuju situs arca ini dari kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Raya Jogja-Solo. Pada persimpangan Taman Wisata Candi Prambanan-Pasar Prambanan ambil jalan ke kanan menuju ke Jalan Prambanan-Piyungan atau petunjuk arah menuju Kraton Ratu Boko. Dari Kraton Ratu Boko masih terus ikuti petunjuk arah menuju kawasan wisata Tebing Breksi, Candi Ijo, dan Watu Papal. Kondisi jalan setelah belok ke arah kiri perlahan-lahan menanjak. Sebelum tiba di pertigaan jalan menuju Candi Barong dan Tebing Breksi, perhatikan masjid di sisi kiri jalan. Setelah masjid, ada petigaan gang masuk ke perkampungan penduduk sisi kanan jalan.

Ikuti jalan kecil gang tersebut yang masuk ke area perkampungan penduduk hingga menemui gudang atau pabrik pengolahan batu. Kendaraan dapat diparkir di sekitar area tersebut atau dititipkan ke halaman rumah penduduk. Perjalanan menuju situs arca dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di samping pabrik pengolahan batu sejauh 300 meter. Posisi situs arca ini berada di area hutan dimana dikelilingi pepohonan dan sebuah sumur yang masih difungsikan untuk kebutuhan air masyarakat setempat.

Baca Juga  Penemuan Arca di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Situs Arca Gupala terdiri dari sebuah Arca Agastya, beberapa arca lain dalam kondisi tanpa kepala, dan potongan batuan candi. Arca Agastya berukuran raksasa setinggi 3 (tiga) meter hampir seukuran dengan Situs Arca Ganesha. Arca ini terbuat dari batu andesit yang berwarna hitam kecoklatan. Kondisi Arca Agastya diduga belum selesai dipahat dan telah mengalami kerusakan karena ada bagian batu yang patah. Menurut informasi, Agastya merupakan Dewa Siwa dalam wujudnya sebagai mahaguru. Ciri khas dari Arca Agastya adalah wujudnya yang berpenampilan sebagai seorang resi berperut buncit dan membawa trisula. Bentuk arca berukuran besar yang memegang senjata dikira masyarakat setempat sebagai arca penjaga atau Arca Gupala. Padahal antara Agastya dengan Gupala merupakan objek atau tokoh yang berbeda. Belum ada rencana untuk meluruskan nama situs atau mengganti nama situs menjadi lebih tepat.

Arca-arca lain yang berukuran sekitar 50 cm atau setengah meter diduga merupakan arca Buddha. Selain itu beberapa potongan batuan candi yang ada sebagian telah dipahat dan sebagian lagi masih polos. Hal yang unik yang perlu menjadi penelitian adalah bongkahan batu di luar area pagar situs yang terdapat beberapa pahatan simbol dan mungkin memiliki keterkaitan dengan yang terdapat di dalam pagar situs. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai Situs Arca Gupala namun diduga menjadi situs penampungan sisa-sisa batuan candi dan arca yang ditemukan di sekitar daerah tersebut. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Situs Arca Gupala (Gupolo)
Dusun Groyokan, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Kirim pendapat