Situs Arca Ganesha Gunungsari, Arca Raksasa Yang Hilang Kembali Ditemukan

Situs Arca Ganesha Gunungsari, Arca Raksasa Yang Hilang Kembali Ditemukan
3 (60%) 2 votes

Situs Arca Ganesha Gunungsari merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang ditemukan di perbukitan Sambirejo Prambanan. Keberadaan arca ini sempat dikabarkan hilang akibat bencana alam tanah longsor dan tanah bergerak yang melanda kawasan tersebut. Belum lama ini situs arca ini berhasil ditemukan kembali oleh sekelompok orang dari komunitas Kandang Kebo.

Situs Arca Ganesha Gunungsari terletak di dusun Gunungsari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, DI Yogyakarta.

Lokasi Situs Arca Ganesha Gunungsari berada di daerah perbukitan Gunungsari Prambanan. Rute menuju situs arca ini hampir sama seperti menuju ke Situs Arca Gupala. Dari kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Raya Jogja-Solo. Pada persimpangan Taman Wisata Candi Prambanan-Pasar Prambanan ambil jalan ke kanan menuju ke Jalan Prambanan-Piyungan atau petunjuk arah menuju Kraton Ratu Boko. Dari Kraton Ratu Boko masih terus ikuti petunjuk arah menuju kawasan wisata Tebing Breksi, Candi Ijo, dan Watu Papal. Kondisi jalan setelah belok ke arah kiri perlahan-lahan menanjak. Sebelum tiba di pertigaan jalan menuju Candi Barong dan Tebing Breksi, perhatikan masjid di sisi kiri jalan. Setelah masjid, ada petigaan gang masuk ke perkampungan penduduk sisi kanan jalan.

Ikuti jalan kecil gang tersebut yang masuk ke area perkampungan penduduk hingga menemui gudang atau pabrik pengolahan batu. Kendaraan dapat diparkir di sekitar area tersebut atau dititipkan ke halaman rumah penduduk. Perjalanan menuju situs arca dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di samping pabrik pengolahan batu sejauh 300 meter. Ketika tiba di Situs Arca Gupala, perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan setapak di samping sumur dekat Situs Arca Gupala. Jalan setapak tersebut mengarah ke lereng bukit menuju ke bukit Gunung Sari yang ada di sampingnya. Cukup sulit menuju situs arca ini karena tidak ada papan petunjuk arah dan tersembunyi dibalik rerimbunan hutan perbukitan.

Situs Arca Ganesha Gunungsari merupakan reruntuhan arca candi yang sempat hilang atau lenyap berpuluh-puluh tahun diakibatkan bencana alam tanah longsor dan tanah bergerak. Kondisi tanah yang labil terkena air hujan terus menerus menyebabkan tanah disekitar tidak kuat menyangga arca dan akhirnya arca runtuh ke jurang perbukitan. Kerusakan arca konon diperparah dengan bencana gempa bumi yang melanda sekitar Yogyakarta pada tahun 2006 dan menyebabkan puing-puing arca berserakan dan sebagian tertimbun oleh tanah. Catatan sejarah pada mengenai Situs Arca Ganesha Gunungsari sempat diberitakan pada 1985 ketika tim peneliti Puslit Arkenas dan Suaka Peninggalan Purbakala meneliti Candi Sari Sorogedug atau sekarang dikenal dengan nama Candi Barong. Tidak ada informasi lebih lanut mengenai situs arca raksasa ini. Baru pada pertengahan Agustus 2018, sebuah komunitas bernama Kandang Kebo berhasil menemukan kembali reruntuhan Situs Arca Ganesha Gunungsari yang hilang saat melakukan kegiatan jelajah situs candi.

Situs Arca Ganesha Gunungsari dipahat diatas bongkahan batu utuh (monolit) berjenis batu putih. Arca ini terpecah menjadi banyak bagian dan konon tersebar di sekitar pecahan batu arca yang paling besar. Pecahan batuan arca yang paling besar adalah bagian bawah arca yang terdiri dari bagian pondasi dan kaki arca. Bongkahan terbesar kedua adalah bagian perut ditandai dengan bentuk perut yang gemuk atau menggelembung, sabuk perut, dan udel pada bagian tengah. Sedang batuan penyusun bagian tubuh yang lain konon telah hilang. Diperkirakan batuan-batuan kecil di sekeliling yang dijadikan sebagai tanggul dan sebagian tertimbun merupakan potongan batu arca yang hancur. Sedikit gambaran mengenai Situs Arca Ganesha Gunungsari memiliki luas pondasi arca sekitar 10 x10 meter. Ketinggiannya belum bisa diukur namun diperkirakan lebih dari 4 (empat) kali tinggi Situs Arca Ganesha Dawangsari. Belum ada informasi dan penelitian lebih lanjut mengenai Situs Arca Ganesha Gunungsari ini namun diduga memiliki kaitan erat dengan Situs Arca Gupala (Gupolo) dan sendang mata air yang ada disebelah atasnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Situs Arca Ganesha Gunungsari
Dusun Gunungsari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, DI Yogyakarta

Kirim pendapat