Situs Arca Ganesha Di Rerimbunan Semak Dawangsari Sleman

Situs Arca Ganesha Dawangsari merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang ditemukan di perbukitan Sambirejo Prambanan. Keberadaan situs ini jarang diketahui karena letaknya tersembunyi dibalik semak belukar dan bukan merupakan obyek wisata seperti Candi Barong dan Kraton Ratu Boko yang ada didekatnya. Kondisi situs ini sudah dipugar dengan dibangun pagar pengaman keliling berikut papan nama situs.

Situs Arca Ganesha (Ganeca) terletak di dusun Dawangsari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Situs Arca Ganesha Dawangsari berada di daerah perbukitan Dawangsari. Rute menuju situs arca ini dari pusat kota Yogyakarta ke timur menuju arah Candi Prambanan melewati jalan Jogja-Solo. Pada gapura perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah ada jalan kecil ke kanan dan belok ke jalan tersebut. Namun pengunjung tidak dapat langsung berbelok karena harus memutar balik pada persimpangan dekat pintu masuk Taman Wisata Candi Prambanan. Ikuti jalan kecil tersebut yang mengarah ke Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort dan Candi Barong yang berada di atas perbukitan. Selama perjalanan akan melewati area pemukiman penduduk dan perlahan-lahan kondisi jalan mulai menanjak. Sesampai di area Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort ikuti jalan terus menuju Candi Barong. Ketika menemui perempatan kecil sebelum Candi Barong sebagai akses jalan kendaraan roda empat atau mobil menuju ke Spot Riyadi, belok ke kiri atau ke jalan cor semen mengikuti jalan menuju Spot Riyadi. Sekitar 100 meter melewati jalan cor semen hentikan kendaraan dan posisi situs arca tersebut tersembunyi dibalik rerimbunan pohon dan semak belukar sisi kiri jalan bawah tebing.

Baca Juga  Samsat Wirogunan Yogyakarta, Cepatnya Membayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor

Situs Arca Ganesha Dawangsari terdiri dari sebuah arca atau patung Ganesha berukuran raksasa memiliki ukuran tinggi sekitar 3 meter, panjang 2,5 meter, dan lebar 2,5 meter. Ukurannya hampir sama dengan Arca Agastya di Situs Gupala yang letaknya tidak jauh. Posisinya menghadap ke arah barat. Arca ini terbuat dari batu cadas keras yang banyak ditemukan di sekitar perbukitan Sambirejo. Bila diperhatikan pembuatan arca dilakukan langsung memahat batuan cadas yang berada di perbukitan tersebut. Kondisi Arca Ganesha sudah mengelami kerusakan parah dimana di bagian kepala sudah tidak membentuk wujud wajah lagi. Wujud yang mengarah kepada bentuk Ganesha masih dapat dilihat pada pahatan belalai bagian bawah, bentuk perut yang buncit, dan posisi kaki yang bersila. Kerusakan yang terjadi pada arca diduga karena material batu cadas yang mudah erosi oleh terpaan angin maupun hujan. Faktor biologis seperti pengaruh manusia hingga jamur juga dapat mempengaruhi kondisi batuan. Belum ada penanganan khusus untuk mencegah kerusakan pada situs arca ini. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai Situs Arca Ganesha Dawangsari ini namun diduga memiliki kaitan erat dengan Situs Sumberwatu di kawasan Sumberwatu Heritage Resort dan Situs atau Candi Dawangsari. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Situs Arca Ganesha Dawangsari
Dusun Dawangsari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Kirim pendapat