Situ Bekasi, Danau Yang Terbentuk Dari Bekas Galian Tambang

Situ Bekasi adalah nama sebuah tempat yang menjadi kunjungan dalam perhelatan acara blogger di Bekasi. Sebelumnya saya berpikir Situ Bekasi adalah tempat menarik dan menjadi tujuan wisata andalan di Bekasi. Namun apa yang saya bayangkan berbeda jauh dengan kenyataannya saat saya tiba di lokasi. Situ Bekasi adalah kawasan yang sedang ditambang dan kawasan yang telah selesai ditambang.

Backhoe Pengeruk Situ

Saat tiba di lokasi Situs Bekasi, terdapat sebuah lubang yang sedang dilakukan penggalian. Luas lubang lubang tersebut sekitar 100m pada satu sisi dan dengan kedalaman hingga 50m. Tanah atau pasir yang digali diletakkan melalui sebuah alat yang berfungsi untuk memisahkan atau menyaring kemudian diangkut ke dalam truk. Dari kejauhan cukup keras bunyi mesin eskavator dan alat penyaring disambingnya.

Rasa penasaran membuat saya berlahan mendekat, meskipun hal tersebut sepertinya dilarang. Cukup berbahaya mendekati kawasan tambang tanpa alat keamanan karena bisa saja terjadi musibah tanah longsor disekitarnya. Tidak dapat informasi yang saya dapat selain mengamati tanah yang saya perkirakan merupakan pasir besi. Di sudut lubang bumi ini sudah muncul rembesan air yang saya perkirakan merupakan rembesan dari sumber air dari lapisan batu keras.

Bekas Galian Menjadi Situ

Ketika berkeliling di sekitar lubang bumi yang sedang ditambang, terdapat beberapa lubang bumi yang telah berubah menjadi danau buatan. Kondisi danau buatan tersebut sungguh mengenaskan karena telah tercemar tambang dan kawasan disekitarnya gersang. Sepertinya bila akan dikembangkan menjadi wisata danau diperlukan waktu yang cukup lama karena proses reklamasi danau prosesnya tidak singkat. Kondisi ini pernah saya alami saat terbang menuju pulau Bangka dan berkunjung ke bekas kolong tambang timah.

Baca Juga  Daftar 10 Pantai Di Pangandaran

Menurut informasi dari pemerintah, penambangan tanah di tempat ini merupakan kegiatan ilegal dan tidak mendapat izin dari pemerintah. Namun kenyataannya kegiatan penambangan ini masih terus dilakukan tanpa ada tindakan. Semakin bertambahnya waktu semakin bertambah pula jumlah lubang bumi di kawasan Situ Bekasi ini. Penduduk sekitar yang berada tidak jauh dari Situ Bekasi ini mengalami kesulitan air dan lahan pertaniannya tidak dapat digunakan lagi karena air bawah tanah telah lenyap oleh tambang tersebut. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat