Siomay Shin Chan, Kuliner Siomay Asli Bandung Di Yogyakarta

Siomay Shin Chan, Kuliner Siomay Asli Bandung Di Yogyakarta
4.3 (85%) 4 vote[s]

Siomay Shin Chan ataubernama asli Bakso Tahu Siomay Shin Chan adalah sebuah warung yang menyajikan kuliner siomay khas Bandung. Nama warung ini memiliki kemiripan atau sengaja menggunakan nama karakter kartun atau komik dari Jepang yaitu ShinChan. Cita rasa siomay ditawarkan oleh warung ini diakui memiliki kemiripan dengan cita rasa siomay asli Bandung. Sebagian besar orang yang pernah mencicipi cita rasanya merekomendasikan tempat ini ketika ingin mencicipi kuliner siomay asli Bandung di Yogyakarta.

Siomay Shin Chan (Sinchan) beralamat di Jalan STM Pembangunan 6A Mrican, Yogyakarta.

Papan Nama Baso Tahu Siomay Shin Chan Yogyakarta

Lokasi gerai Siomay Shin Chan berada di utara kampus Universitas Sanata Darma (SaDar) Gejayan Yogyakarta. Gerai warung ini menempati sebuah garasi kecil sebuah rumah yang dari luar penampilannya sedikit kurang meyakinkan. Dari luar tampak gerobak Baso Tahu Siomay Shin Chan yang mirip seperti gerobak pedagang siomay keliling. Bila pertama kali datang ke tempat ini pasti sedikit ragu dengan penampilan dan cita rasa yang ditawarkan.

Gerobak Baso Tahu Siomay Shin Chan Yogyakarta

Memasuki warung Siomay Shin Chan Yogyakarta, pelayan dan dipersilakan langsung memesan siomay yang tersedia. Ada beberapa pilihan siomay yang tersedia diantaranya siomay, tahu putih, tahu coklat, kentang, pare, dan telur ayam rebus. Pengunjung bebas memilih berapa jumlah dan pilihan siomay yang akan dimakan. Tidak ada paketan menu siomay di warung Siomay Shin Chan ini. Selain itu warung ini tidak menyediakan pilihan siomay untuk digoreng terlebih dahulu.

Baca Juga  Patirtan Kamulyan, Sendang Pencari Kemuliaan dan Kesembuhan

Pengunjung yang telah memesan siomay dipersilakan mencari meja kursi yang masih kosong untuk duduk dan menikmati sajian siomay asli Bandung ini. Jumlah tempat duduk yang disediakan cukup terbatas dan hanya mampu menampung belasan orang saja. Pengunjung yang sudah beberapa kali datang ke warung ini pasti maklum dengan keadaan tersebut. Kondisi warung Siomay Shin Chan yang menempati sebuah garasi kecil menjadi penyebab utama sempitnya ruangan warung ini.

Pelayan Warung Baso Tahu Siomay Shin Chan Yogyakarta

Penyajian siomay di warung Siomay Shin Chan Yogyakarta cukup sederhana dimana siomay dipotong-potong kemudian dilapisi saus kacang dan perasan jeruk dibagian atasnya. Hampir sama ketika kita membeli siomay dari pedagang siomay kakilima atau pedagang siomay dorongan yang banyak berkeliling di kampung-kampung. Untuk kecap dan sambal disediakan di meja makan dan disesuaikan dengan selera masing-masing penikmat siomay.

Saat menikmati Siomay Shin Chan Yogyakarta, terasa tekstur siomay yang lembut, sedikit kenyal dan padat. Ikan tenggiri yang digunakan terasa segar dilidah dan tidak berbau tajam. Rasanya cukup gurih dengan sedikit rasa asin tanpa adanya rasa manis. Karakter siomay seperti inilah yang merupakan karakter asli siomay khas Bandung. Selain itu bumbu atau saus kacangnya juga istimewa dimana memiliki kemiripan dengan saus kacang asli siomay Bandung. Tekstur saus kacang terasa sedikit kasar karena proses pembuatannya tidak digiling hingga halus. Rasa saus kacang sedikit pedas dengan rasa sedikit asam dari perasan jeruk purut.

Baca Juga  Grojogan Lepo, Air Terjun Bertingkat Di Dlingo Bantul

Sajian Baso Tahu Siomay Shin Chan Yogyakarta

Rata-rata pengunjung yang mampir di Siomay Shin Chan Yogyakarta cukup puas dengan daya tarik rasa yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah dan pengunjung akan mendapatkan cita rasa yang lebih dari harga tersebut. Secara keseluruhan warung Baso Tahu Siomay Shin Chan layak mendapat predikat warung siomay yang memiliki cita rasa yang mirip dengan siomay asli Bandung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Baso Tahu Siomay Shin Chan (Siomay Shinchan)
Jl. STM pembangunan No. 6A Mrican, Yogyakarta
Telp: (0274) 9601482, 081323437443

Jam Buka
Setiap hari kecuali hari libur tutup mulai pukul 10.30 - 18.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Rullah:

    Wah enak ini, dekat juga dengan kosanku :-D

Kirim pendapat