Siomay Kang Cepot, Daya Tarik Kuliner Siomay Di Jalan Kaliurang Sleman

Siomay Kang Cepot merupakan salah satu pilihan kuliner siomay yang berada di Jalan Kaliurang Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal para penyuka siomay dan menjadi tempat favorit wisata kuliner siomay bagi warga yang tinggal di sekitar daerah tersebut. Cita rasa yang ditawarkan cukup unik dimana ada beberapa menu siomay yang menggunakan campuran daging sapi dan daging ayam.

Siomay Kang Cepot beralamat di Jalan Kaliurang km 8.5 Sleman Yogyakarta. Warung siomay ini belum membuka cabang dimanapun.

Bangunan Warung Siomay Kang Cepot Sleman

Lokasi Siomay Kang Cepot cukup strategis karena berada di tepi Jalan Kaliurang sebagai lalu lintas utama menuju kawasan wisata Kaliurang. Dari perempatan Jalan Kaliurang-Selokan Mataram lurus ke arah utara hingga perempatan Ringroad Utara. Pilihlah jalan lurus ke arah utara menuju ke arah Kaliurang. Setelah melewati sebuah pertigaan kecil dengan lampu merah, terlihat papan nama warung ini di sebelah kiri jalan.

Bangunan Warung Siomay Kang Cepot terlihat kecil di tepi jalan dan berhimpitan dengan toko yang lain. Namun besarnya papan nama yang hampir memenuhi dinding bangunan membuat pengunjung dengan mudah menemukan tempat ini. Area parkir di warung bagian depan cukup sempit namun area parkir di warung bagian depan cukup luas untuk menampung hampir 10 kendaraan beroda empat. Selain itu bangunan warung baru dibelakang warung lama juga lebih luas dan mampu menampung pengunjung lebih dari 5 kali lipat dari bangunan lama yang berada di tepi jalan.

Baca Juga  Mie Ongklok Longkrang Wonosobo, Sajian Mie Rebus Dengan Sate Sapi

Suasana Siomay Kang Cepot Sleman

Pengunjung yang memasuki bangunan warung Siomay Kang Cepot langsung dipersilakan mengambil dan memilih hidangan siomay sendiri. Ada beberapa pilihan siomay yang jarang ditemui di warung siomay lain seperti siomay campuran daging sapi dan siomay campuran daging ayam. Namun menu utama warung ini tetap pada siomay asli dengan daging ikan tenggiri. Pengunjung dapat meminta hidangan siomay yang dipilihnya digoreng terlebih dahulu. Selain itu pelayan warung akan menanyai saus kacang siomaynya pedas atau tidak karena di meja makan tidak disediakan sambal.

Pengunjung dipersilakan duduk di meja kursi yang masih kosong sambil menunggu siomay yang dipesan disajikan. Penyajian siomay di Warung Siomay Kang Cepot disajikan secara terpisah dimana potongan siomay diletakkan dalam piring sendiri dan saus kacang letakkan pada cawan kecil. Tidak ada potongan jeruk purut seperti penyajian siomay khas Bandung pada umumnya. Untuk menikmatinya saus kacang dituangkan ke dalam piring berisi siomay yang telah dipotong. Sedangkan kecap manis disediakan dalam botol tersendiri di meja makan.

Sajian Siomay Kang Cepot Sleman

Ukuran siomay di Warung Siomay Kang Cepot per biji cukup besar dengan rasa khas ikan tengiri. Namun untuk ukuran siomay campuran daging sapi dan dan daging ayam ukurannya sedikit lebih kecil. Bumbu atau saus kacang memiliki tekstur halus karena digiling hingga halus, sedikit kental dan berwarna kecoklatan muda. Rasanya lebih mirip seperti bumbu kacang dari gado-gado ketimbang bumbu kacang dari siomay asli Bandung. Hal ini tidak menjadi masalah karena mungkin menjadi salah satu resep yang sajikan oleh warung siomay ini. Sedikit kekurangan dari sajian siomay di warung ini adalah ketiadaan perasan jeruk purut dalam penyajian siomay. Tanpa adanya perasan jeruk purut saat menikmati siomay membuat cita rasa siomay terasa kurang segar dan tidak terasa rasa asam seperti saat menikmati siomay asli Bandung.

Baca Juga  Stasiun Non Aktif Kalasan

Secara keseluruhan cita rasa yang ditawarkan oleh Warung Siomay Kang Cepot cukup lezat meskipun kurang berkesan sebagai siomay khas Bandung. Ketiadaan sambal tambahan di meja makan membuat sebagian penikmat rasa pedas kurang terpuaskan karena saus kacang pedas yang disajikan tidak terasa pedas. Harga yang ditawarkan tergolong mahal dibandingkan harga siomay di warung siomay lain sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Siomay Kang Cepot
Jl. Kaliurang KM 8.5 Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 7812344

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d habis WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    yuii..bro.. mung sekedar lewat ik..yen pas nang jakal KM 14..

Kirim pendapat