Simpang Jemplang, Simpangan Jalan Menuju Bromo dan Semeru

Simpang Jemplang atau bernama lain Pos Jemplang merupakan salah satu gerbang menuju Taman Nasional Gunung Bromo Semeru (TNBTS). Kawasan ini cukup vital sebagai penghubung antara kabupaten Malang dengan kawasan taman nasional yang terdiri dari pos pendakian Gunung Semeru, Ranu Pane, dan Gunung Bromo. Kawasan Simpang Jemplang ini berada sekitar 2 km dari kecamatan Ngadas Malang.

Papan Arah Bromo dan Semeru di Simpang Jemplang

Keberadaan Simpang Jemplang ini cukup penting karena sebagai satu-satunya jalan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari kecamatan Ngadas Malang. Suasana Simpang Jemplang yang sedikit berkabut terasa cukup dingin ketika kami tiba ditempat ini. Kendaraaan pickup bak terbuka yang kami naiki berhenti di depan area warung tenda tepi jalan.

Sejumlah warung tenda tampak berdiri di tepi jalan kawasan Simpang Jemplang. Keberadaannya membawa angin segar bagi pengunjung yang datang tempat ini dengan tujuan berkeliling dan berwisata tanpa membawa perbekalan makanan. Namun diharapkan para pengunjung dan pedagang di kawasan Simpang Jemplang tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Warung-Warung di Simpang Jemplang

Dua orang penumpang dari mobil pickup yang kami tumpangi turun dan membeli sejumlah makanan untuk dibawa sebagai bekal meneruskan perjalanan. Selain makanan dan minuman ringan yang diperjualbelikan, warung tersebut juga menjual hidangan lain berupa kacang rebus, jagung rebus, tempe goreng, bakwan goreng, dan sebagainya.

Baca Juga  Puncak Gunung Kukusan Magelang, Panorama 8 Pucuk Gunung Di Jawa Tengah

Perjalanan keliling dengan menggunakan mobil pickup bak terbuka dilanjutkan dengan melewati pintu masuk dan pos penjagaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di kawasan Simpang Jemplang. Selanjutnya terdapat simpangan jalan dimana arah kiri menuju ke Gunung Bromo sedangkan ke kanan menuju ke Danau Ranu Pane dan Gunung Semeru. Pilihan kedua dipilih untuk mampir sebentar di Danau Ranu Pane dekat pos pendakian Gunung Semeru kemudian dilanjutkan menuju ke Gunung Bromo.

Pemandangan Gunung Bromo Dari Jemplang

Pemandangan alam disekitar Simpang Jemplang sebetulnya cukup indah bila cuaca sedang tidak berkabut. Posisi kawasan Jemplang yang berada pada ketinggian 2.300 mdpl ini cukup tinggi dibandingkan kaldera (lautan pasir) Bromo yang tampak dibawahnya. Pemandangan alam dari ketinggian berupa Padang Savana Gunung Bromo berikut pemandangan Bukit Teletubbies Gunung Bromo. Tidak ketinggalan pula suasana hutan pegunungan yang lebat dan bunyi burung-burung liar yang bersahut-sahutan. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja Dot Com:

    simpang jemplang, titik krusial pendakian, dan juga memberikan efek denyut ekonomi warga sekitar. betul, harus dijaga kebersihannya bersama dan mengedepankan kearifan lokal :)

  2. Idah Ceris:

    Sudah lama enggak menikmati kacang rebus. :D

Kirim pendapat