Silancur Highland,Wisata Hits Dan Spot Selfie Sisi Timur Gunung Sumbing

Silancur Highland merupakan daya tarik wisata perbukitan di sebelah barat kota Magelang tepatnya di lereng Gunung Sumbing. Keberadaannya belum lama dikembangkan sebagai kawasan wisata oleh masyarakat setempat. Daya tarik utama yang ditawarkan adalah pemandangan alam dari atas perbukitan dan lokasi foto selfie yang menjadi favorit para anak muda saat ini.

Silancur Highland beralamat di dusun Dadapan, desa Mangli, kecamatan Kaliangkrik, kabupaten Magelang 56153.

Lokasi Silancur Highland berada di wilayah Kaliangkrik lereng Gunung Sumbing bagian timur. Posisinya berdekatan dengan Pos Pendakian Gunung Sumbing via Mangli karena masih dalam satu desa. Rute menuju obyek wisata paling mudah diteempuh dari kota Magelang ke arah barat melewati Bandongan dan Kaliangkrik hingga tiba di lokasi. Papan petunjuk arah belum tersedia dan pengunjung diharapkan meenggunakan peta gps untuk menuju lokasi agar tidak tersesat. Akses menuju obyek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sedangkan transportasi umum belum menjangkau kawasan wisata ini.

Area parkir wisata Silancur Highland sebenarnya cukup luas namun belum tertata dengan baik. Kondisi area parkir masih gersang belum ditanami pepohonan tinggi dan rindang. Ada beberapa titik parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang letaknya tersebar. Area parkir kendaraan roda dua atau sepeda motor lebih dekat dengan pintu masuk. Sedangkan parkir kendaraan roda empat atau mobil agak menjauh dari pintu masuk dan dekat dengan area teepi jalan. Pengelola cukup sigap dalam mengatur parkir pengunjung dan tidak terjadi penumpukan parkir di tepi jalan.

Silancur Highland dikembangkan disebuah area bukit di daerah Mangli Magelang. Kabarnya kono bukit ini adalah area pepunden atau petilasan orang jaman dahulu. Namun oleh warga setempat diubah menjadi kawasan wisata menarik dengan panorama keindahan pemandangan Gunung Sumbing di sisi barat dan sunrise (matahari terbit) di sisi timur yang menghadap Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo yang tampak kecil dari kejauhan.

Baca Juga  Puncak Nglanggeran Timur Gunungkidul Dan Desa 7 Kepala Keluarga

Pengunjung Silancur Highland yang baru datang dipersilakan membeli karcis masuk terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan wisata. Tiket masuk yang dibayarkan sudah termasuk jasa menggunakan spot selfie sehingga tidak dipungut biaya tambahan lagi. Fasilitas obyek wisata ini sudah tergolong lengkap mulai dari parkir motor, parkir mobil, wc umum, spot selfie, tempat duduk, gasebo istirahat, warung makan, hingga fasilitas internet gratis (free wifi). Fasilitas internet gratis ini memudahkan pengunjung untuk mengupload foto dan video ke sosial media mereka tanpa harus menunggu sinyal internet dari ponsel mereka. Bahkan cukup membantu bagi pengunjung yang melakukan siaran langsung di lokasi (live video).

Wisata kuliner di Silancur Highland jangan sampai ketinggalan, pengunjung dapat menikmati jajanan khas lereng Sumbing sisi timur dan makanan khas pedesaan Magelang seperti nasi jagung, geblek desa, dan kopi Sumbing. Kopi Sumbing yang terdiri dari robusta dan arabica menjadi salah satu komoditas baru di daerah ini selain sayuran dan tembakau. Cita rasanya hampir sama dengan kopi lereng Sumbing lain yang pernah saya cicipi di Kopi Temanggung Cepag dan Kopi Mukidi. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan pedagang di area wisata tergolong terjangkau untuk semua kalangan.

Waktu yang tepat berkunjung ke obyek wisata ini pada pagi hari sambil menikmati panorama sunrise (matahari terbit) dan sore hari untuk menikmati suasana senja di kawasan lereng gunung. Sedikit saran hindari hari libur untuk berwisata ke tempat ini agar dapat menikmati kenyamanan berwisata karena pada hari ibur ramai dibanjiri wisatawan dari sekitar Magelang ataupun dari luar kota. Secara keseluruhan Silancur Highland dapat menjadi wisata alternatif melihat pemandangan alam yang masih alami di wilayah barat kabupaten Magelang Jawa Tengah. (text/foto: annosmile)

RETRIBUSI
  • Tiket Masuk : Rp 10.000,-/orang
  • Parkir Motor : Rp 2.000,-
  • Parkir Mobil : Rp 5.000,-
Baca Juga  Punthuk Sukmojoyo Magelang, Pilihan Lokasi Berfoto Dari Ketinggian Di Borobudur

*update Oktober 2020*

INFORMASI
Silancur Highland
Dusun Dadapan, desa Mangli, kecamatan Kaliangkrik, kabupaten Magelang 56153

Kirim pendapat