Review Oli Shell Helix HX5 15W40 Untuk Honda Supra X

Review Oli Shell Helix HX5 15W40 Untuk Honda Supra X
3 (60%) 1 vote

Shell Helix HX5 15W40 merupakan salah satu tipe oli yang dikeluarkan pabrikan Oli Shell. Oli ini diproduksi untuk kendaraan bermotor berbahan bakar bensin dengan sistem pembakaran karbu. Oli ini diproduksi untuk kendaraan beroda empat atau mobil namun pabrikan Shell tidak melarang untuk digunakan pada kendaraan beroda dua. Saya mencoba menggunakan oli ini untuk sepeda motor bebek saya Honda Supra X 100cc untuk menggantikan oli sebelumnya.

Shell Helix HX5 15W40

Pengalaman pertama menggunakan Shell Helix HX5 15W40 suara mesin motor Supra X 100cc terdengar cukup halus. Tarikan awal cukup responsif namun kadang terasa sedikit berat. Proses pemanasan mesin saat pertamakali dihidupkan tidak perlu lama karena oli cukup encer. Oli ini bekerja dengan baik ketika digunakan touring jarak menengah hingga jauh dan tidak menyebabkan panas yang berlebih pada mesin. Dugaan banyak orang mengenai oli ini tidak cocok buat sepeda motor sepertinya salah. Oli ini tidak menyebabkan kerusakan pada mesin motor bebek 4tak milik saya bahkan cukup memberikan kenyamanan saat berkendara. Mungkin oli ini cocok digunakan sepeda motor bebek yang menggunakan kopling otomatis.

Penggunaan oli Shell Helix HX5 15W40 diatas pemakaian 5.500 km baru mulai timbul beberapa permasalahan. Suara mesin perlahan-lahan mulai terdengar kasar diawal saat dihidupkan. Untuk tarikan mesin sepertinya belum terasa penurunannya dan masih terasa nyaman. Pemakaian bahan bakar (bensin) mulai terasa boros walaupun tidak signifikan. Lakukan penggantian oli mesin agar mesin motor lebih awet dan mengurangi gesekan yang ditandai kasarnya suara mesin. (text/foto: annosmile)

DESKRIPSI

Brand: Shell Helix

Tipe: –

SAE: 15W40

API: SN/CF

ACEA: A3/B3

Volume: 1 liter

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Blogger Indonesia:

    Selama ini malah saya cenderung asal aja mas milih oli, wkwkwkwkwkw

    • admin:

      Hi Yosbeda, pokok e rusak langsung diservice ya mas hihihi

Kirim pendapat