Sentosa Boardwalk, Akses Jalan Kaki Menuju Pulau Sentosa Singapura

Sentosa Boardwalk merupakan salah satu akses atau penghubung menuju ke Pulau Sentosa (Sentosa Island) yang dikenal dengan Resort World Sentosa (RWS) dan Universal Studio Singapore (USS). Akses penghubung ini merupakan akses jalan kaki disamping ada akses monorail, kereta gantung, dan jalan raya.

Perjalanan menyusuri Sentosa Boardwalk dimulai dari pintu keluar VivoCity Mall menuju ke arah Pulau Sentosa. Sebelumnya pengunjung harus menuju Lantai 1 VivoCity dan mengikuti petunjuk arah menuju Sentosa Boardwalk. Pertama kali menyusuri Sentosa Boardwalk, pengunjung disambut dengan tulisan cukup besar bertuliskan “Sentosa Cycling Track”. Di sekitar tulisan tersebut terdapat parkiran sepeda, terminal penyewaan sepeda, dan papan informasi mengenai jalur pejalan kaki serta rute sepeda. Pengunjung dapat menyewa sepeda yang terparkir di terminal penyewaan sepeda menggunakan aplikasi pada ponsel sama seperti menyewa sepeda di tempat lain di Singapura. Biaya sewa sepeda dikenakan sesuai yang tercantum pada aplikasi pada ponsel. Jalur sepeda disediakan jalur khusus disamping jalur pejalan kaki dan jalan raya atau dikenal dengan nama Sentosa Gateway.

Sentosa Boardwalk untuk pejalan kaki terbagi dalam 2 (dua) jalur (track) dimana ada jalur terbuka yang berhimpit dengan tepi laut dan sebelahnya jalur tertutup dengan atap. Kondisi jalurnya cukup bersih, terawat, dan tertata rapi. Saat kondisi pagi dan sore hari cukup nyaman menyusuri jalur terbuka karena sinar matahari tidak menyengat dan udara tidak terlalu panas. Jalur tertutup yang teduh menjadi pilihan untuk  menghindari sengatan sinar matahari ataupun hujan pada musim penghujan. Selain itu di jalur tertutup disediakan eskalator bila kaki sudah tidak kuat berjalan alias kecapekan.

Baca Juga  Paya Lebar Road Singapura

Selama menyusuri Sentosa Boardwalk, pengunjung akan dihibur dengan pemandangan Resort World Sentosa (RWS) dari kejauhan dan pemandangan tepi laut yang terlihat tenang dan bersih. Pintu keluar Sentosa Boardwalk langsung masuk kawasan Pulau Sentosa dan daya tarik wisata terdekat adalah Trick Eye Museum. Untuk sementara ini pengunjung yang mengakses Sentosa Boardwalk tidak dikenakan biaya alias gratis. Sebelumnya jalur ini sempat dikenakan biaya di pintu keluar dengan tarif $1 per orang. Sekedar info pada malam hari, Sentosa Boardwalk berubah menjadi Sentosa Boardwalk Bazaar dimana banyak pedagang di sepanjang jalan tepi laut ini. (text/foto: annosmile)

Stasiun MRT Terdekat (Nearest MRT Station)

HarbourFront MRT station (NE1/CC29)

Kirim pendapat