Sendang Bulus Jimbung, Image Tempat Mencari Pesugihan Di Klaten Masih Melekat

Sendang Bulus Jimbung, Image Tempat Mencari Pesugihan Di Klaten Masih Melekat
3.7 (73.33%) 3 vote[s]

Sendang Bulus Jimbung merupakan salah satu sendang dan sumber mata air alami yang berada di kecamatan Kalikotes Klaten. Nama sendang ini cukup terkenal bukan karena digunakan sebagai tempat pemandian melainkan sebagai tempat mencari pesugihan atau mencari kekayaan dengan cara yang tidak wajar. Bulus atau kura-kura disebut-sebut sebagai pesugihan di sendang tersebut.

Sendang Bulus Jimbung terletak dusun II, desa Jimbung, kecamatan Kalikotes, kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57451.

Lokasi Sendang Bulus Jimbung berada di sebelah utara Rawa Jombor atau sekitar 6 km di sebelah selatan dari kota Klaten. Rute menuju ke sendang ini dari pusat kota Klaten menuju ke Terminal Bus Ir. Soekarno Klaten. Dari terminal bus tersebut ikuti jalan ke selatan menuju arah Rawa Jombor. Saat melewati tikungan setelah Pasar Jimbung yang terdapat lapangan desa Jimbung, pilih jalan ke kanan masuk area perkampungan. Posisi Sendang Bulus Jimbung berada di sebelah barat lapangan desa Jimbung, bawah pohon raksasa, dan dekat dengan pemukiman penduduk.

Sendang Bulus Jimbung terdiri dari 2 (dua) sumber mata air dimana terpisah pada 2 (dua) kolam yang berjarak sekitar 20 meter. Kedua mata air atau kolam tersebut dipisahkan oleh patahan batuan kapur yang menonjol ke permukaan. Salah satu kolam yang diberi pagar keliling terdapat pohon randu raksasa yang sudah berusia ratusan tahun. Keberadaan pohon besar inilah yang diduga dapat mengikat dan menyimpan air tanah dari sekitar lokasi sendang. Namun pohon besar nan rindang ini juga memberikan kesan mistis di area sendang. Menurut penuturan salah seorang warga, kolam tersebut dikeramatkan dan dijadikan lokasi mencari pesugihan. Sedangkan kolam pemandian satunya bernama kolam Pemandian Putri dan lebih sering dimanfaatkan untuk mencuci dan kebutuhan air masyarakat setempat.

Baca Juga  Patung Arjuna Wijaya, Ikon Baru di Simpang Lima Kota Boyolali

Cerita mengenai pesugihan Sendang Bulus Jimbung sudah turun temurun dikenal oleh masyarakat Klaten bahkan hampir seluruh wilayah Jawa Tengah. Sudah bukan hal yang tabu lagi seseorang membicarakan pesugihan Bulus Jimbung karena sudah terlalu sering menjadi bahan obrolan dan pembicaraan. Cara-cara mencari pesugihan pun sudah tidak dirahasiakan dan sudah diketahui banyak orang. Juru kunci sendang pun tidak sembunyi-sembunyi dalam melayani para peziarah yang mencari pesugihan.

Mitos yang berkembang mengenai Sendang Bulus Jimbung dimana tempat tersebut dihuni oleh sepasang bulus/kura-kura yang bernama Kyai Poleng dan Nyai Poleng. Keduanya merupakan abdi Dewi Mahdi yang telah disabda menjadi bulus dan konon hingga saat ini masih mendiami kawasan sendang tersebut. Sendang tersebut menurut cerita dibuat oleh Pangeran Jimbung yang gagah perkasa dengan kesaktiannya menancapkan tongkatnya. Beliau bersabda bahwa kelak dikemudian hari sendang ini akan banyak didatangi orang yang memberi makan. Seiring berkembangnya waktu muncul cerita negatif barang siapa ingin mencari kekayaan dengan jalan pintas/meminta bantuan Kepada Kyai Poleng dan Nyai Poleng kelak jika berhasil badan orang tersebut akan menjadi poleng seperti Bulus Jimbung. Entah siapa yang memulai ritual pesugihan dan pada akhirnya Sendang Bulus Jimbung dikenal sebagai tempat mencari pesugihan.

Penduduk setempat mencoba mengurangi efek negatif aktivitas mencari pesugihan dari Sendang Bulus Jimbung dengan membersihkan kawasan sendang dari potongan pakaian, kain, tenda untuk ritual, sesaji, dan sebagainya. Penduduk secara swadaya membangun sebuah masjid bernama Masjid Jami’atul Khairat tepat beberapa puluh meter di sebelah baratnya untuk mengubah citra negatif desa Jimbung sebagai desa tempat mencari pesugihan menjadi desa yang taat beribadah. Disamping itu setiap tahun diselenggarakan Kirab Ketupat dan Budaya Jimbung Klaten untuk mengemas potensi wisata baru yang positif mengenai Desa Jimbung dan Sendang Bulus Jimbung. Perlahan-lahan usaha masyarakat setempat mulai memberikan hasil dimana para peziarah untuk mencari pesugihan di sendang ini mulai berkurang. Namun tetap saja pada waktu-waktu tertentu masih ada peziarah berdatangan ke sedang ini untuk melakukan ritual. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Sendang Bulus Jimbung
Dusun II, desa Jimbung, kecamatan Kalikotes, kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57451

Kirim pendapat