Semarang Gallery, Tempat Menarik Untuk Pameran Seni Di Semarang

Rate this post

Semarang Gallery atau Semarang Contemporary Art Gallery merupakan salah satu tempat untuk memamerkan karya seni di sekitar kota Semarang. Galeri seni ini belum lama dibuka setelah seorang kolektor bangunan bangunan melakukan renovasi dan mengubahnya menjadi galeri seni. Dari segi arsitektur, bangunan Semarang Contemporary Art Gallery masih mempertahankan bentuk asli dan hanya melakukan sedikit perubahan pada bagian dalam ruangan saja agar tampak lebih modern.

Semarang Galley atau bernama lengkap Semarang Contemporary Art Gallery berada di kawasan Kota Lama Semarang atau tepatnya berada di belakang area Gereja Blenduk Immanuel.

Bangunan Semarang Gallery

Lokasi Semarang Contemporary Art Gallery berada di tengah-tengah kawasan Kota Lama Semarang. Letaknya hanya beberapa bangunan dari Gereja Blenduk Semarang (Gereja GPIB Immanuel) yang cukup terkenal itu. Cukup mudah menemukan Semarang Contemporary Art Gallery meskipun nama jalan yang tercantum pada alamatnya sering menyesatkan bagi yang pertama kali datang.

Area parkir Semarang Contemporary Art Gallery yang sebenarnya lebih tepat disebut lorong gang banyak terparkir kendaraan angkutan barang jenis mobil box dan truk kecil. Hal ini dikarenakan bangunan di sebelah Semarang Contemporary Art Gallery adalah gudang barang. Pengunjung Semarang Contemporary Art Gallery lebih memilih memarkir kendaraannya di area Gereja Blenduk kemudian berjalan kaki menuju tempat ini.

Sejarah bangunan Semarang Gallery dimulai pada tahun 1822 sebagai bangunan dua lantai tempat tinggal Pastur L. Prinsen dan tempat ibadah umat katholik sebelum Gereja Gedangan didirikan (1875). Bangunan ini diruntuhkan dan dibangun gedung baru pada tahun 1918. Gaya arsitekturnya sedikit terpengaruh oleh gaya Spanish Colonial dan tidak memiliki halaman. Perusahaan asuransi pertama di Indonesia  “De Indische Lloyd” milik Oei Tiong Ham Concern merupakan kantor pertama yang menempati gedung ini pada tahun 1933. Dalam perjalanannya gedung ini pernah diseawakan sebagai gudang, dealer motor, dan kantor Perusahaan Besar Farmasi Tempo. Terakhir pabrik sirup Fresh menggunakannya sampai tahun 1998. Tahun 2007 Chris Dharmawan melakukan konservasi dan tahun 2008 hingga sekarang digunakan sebagai Semarang Gallery.

Pintu Masuk Semarang Gallery

Memasuki pintu masuk Semarang Contemporary Art Gallery yang menghadap ke selatan, saya langsung disambut dengan ramah oleh petugas jaga. Setiap pengunjung yang datang dipersilakan mengisi buku tamu dan membayar tiket masuk yang telah ditentukan. Barang bawaan pengunjung seperti tas dipersilakan ditinggal di ruang tamu sebelum memasuki dalam ruangan. Harapan kedepannya Semarang Contemporary Art Gallery dilengkapi lemari atau loker pengunjung agar barang bawaan seperti tas tidak ditaruh di lantai atau diatas meja.

Pameran Foto Di Semarang Gallery

Sesuai namanya, Semarang Contemporary Art Gallery digunakan sebagai tempat memamerkan karya seni dari berbagai seniman di Indonesia dan mancanegara. Saat kami tiba di Semarang Contemporary Art Gallery sedang digunakan untuk pameran karya foto tentang Semarang dan sekitarnya. Seluruh dinding pada ruangan utama Semarang Contemporary Art Gallery dipenuhi oleh foto yang ditata secara apik dan rapi.

Fasilitas pendukung Semarang Contemporary Art Gallery cukup lengkap mulai dari tempat duduk untuk bersantai, ruang perpustakaan, taman kecil, dan tentu saja toilet umum. Kondisi ini cukup membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam bangunan Semarang Contemporary Art Gallery. Hanya saja pengunjung dilarang makan, minum, bahkan merokok di dalam ruangan.

Kondisi Lantai Dua Semarang Gallery

Secara keseluruhan penataan dan renovasi bangunan Semarang Contemporary Art Gallery cukup menarik dan cocok digunakan sebagai tempat pameran. Pengunjung cukup nyaman berada di dalam bangunan Semarang Contemporary Art Gallery yang dilengkapi pendingin udara dan sirkulasi udara yang cukup baik. Namun beberapa kritik tentang ketiadaan fasilitas parkir dan papan jadwal pameran perlu segera ditindaklanjuti. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Galeri Semarang (Semarang Contemporary Art Gallery)
Jl. Taman Srigunting No 5-6 Semarang 50174
Telp: (024) 3552099
Fax: (024) 3552199
Webiste : www.galerisemarang.com
Email: galeri_semarang@yahoo.com
Waktu buka : Selasa s/d Minggu pukul 10.00 s/d 16.30 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Arini:

    Sebuah kawasan kota tua di Semarang yang wajib Anda kunjungi jika ke kota ini.

Kirim pendapat