Sejarah Sate Kelinci Di Wisata Kaliurang

4/5 - (2 votes)

Sate Kelinci khas Kaliurang merupakan salah satu kuliner yang ditemukan di kawasan wisata Kaliurang lereng Gunung Merapi di utara kota Yogyakarta. Warung penjual kuliner sate kelinci ini biasanya sudah buka mulai siang hari hingga malam hari di sekitar Kaliurang. Asal usul atau sejarah kuliner sate kelinci di kawasan Kaliurang ini tidak diketahui dan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sate kelinci adalah salah satu jajanan atau kuliner khas yang muncul di setiap kawasan wisata di lereng gunung atau pegunungan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun di obyek wisata atau daerah mana yang pertama kali memulainya sampai sekarang tidak diketahui.

Berbeda dengan sate klathak di kawasan Jejeran Bantul dimana daerah tersebut dahulu banyak warga yang beternak kambing, di kawasan Kaliurang sendiri tidak terlihat adanya peternakan kelinci yang mencolok atau skala besar. Bahkan beberapa informasi menyebutkan daging kelinci disuplai dari luar kawasan Kaliurang. Terlepas dari hal tersebut, kuliner sate kelinci tetap digemari oleh wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang karena kuliner ini unik dan jarang ditemui di daerah perkotaan. Wisatawan ini ingin mencicipi sajian sate kelinci dapat berkunjung di warung makan sekitar Terminal Tlogo Putri dan Taman Bermain Kaliurang.

Satu porsi sate kelinci khas Kaliurang terdiri dari 10 (sepuluh) tusuk sate dimana masing-masing tusuk terdapat 3 potong daging kelinci, potongan lontong, saus kacang, irisan cabe rawit, dan bawang merah mentah. Potongan daging kelincinya kecil-kecil seperti sate ayam yang dijual pedagang Sate Madura Kalilima di Malioboro. Saus kacang yang digunakan mirip seperti saus kacang pada sate ayam Madura namun lebih halus dan lebih ringan bumbunya. Harga sate kelinci yang ditawarkan oleh pedagang tidak selisih jauh dengan sate ayam biasa namun tetap standar harga makanan di kawasan wisata. Pembeli diharapkan menanyakan harga makanan dan minuman terlebih dahulu. Selamat mencicipi salah satu kuliner khas Kaliurang. (text/foto: annosmile)

DAFTAR WARUNG SATE KELINCI
  • Sate Kelinci Bu Retno. Jl. Tlogo Putri Kaliurang, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55582
  • Sate Kelinci Kedai Mbah Gimo. Jl. Astomulyo Kaliurang, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55582
  • Sate Pak Raji. Kaliurang, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten SlemanDI Yogyakarta 55582
Baca Juga  Ayam Gobyoss, Ayam Geprek Dengan Variasi Topping Di Yogyakarta

Kirim pendapat