Sego Gudeg Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto

Sego Gudeg Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto
3 (60%) 2 votes

Nama warung makan Geneng milik Mbah Marto sepertinya sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Warung makan ini sudah ada beberapa puluh tahun yang lalu dan lokasinya sedikit tersembunyi di tengah-tengah perkampungan sempit belakang kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Warung Makan Geneng Mbah Marto terletak di Dusun Nengahan, Padukuhan Ngiring-iring, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Menu utama warung makan Geneng ini adalah gudeg geneng tapi yang lebih terkenal malah mangut lelenya. Gudeg disini sedikit berbeda dari gudeg yang biasa kita makan dimana ditambah daun pepaya. Mangut lele yang diasap kemudian dimasak dengan kuah santan yang pedas hingga kering. Ketika tiba di warung makan Mbah Marto, pengunjung dipersilakan menuju ke ruangan dapur untuk mengambil makanannya sendiri. Disinilah letak keunikannya dimana suasana dapur yang masih tradisional dengan perabot dapur sederhana dengan tungku kayu untuk memasak.

Sepiring Sego Geneng dan Mangut Lele Mbah Marto Bantul

Hidangan masakan disajikan diatas amben atau balai dengan baskom besar yang biasa dipergunakan untuk memasak. Mbah Marto duduk di dekatnya sambil mempersilakan pengunjung untuk mengambil makanannya sendiri tanpa dibatasi. Layaknya seperti rumah sendiri, kita dapat menikmati makanan disetiap bagian rumah Mbah Marto seperti layaknya rumah sendiri. Biaya makan dihitung nasi sayur satu porsi ditambah lauk yang dimakan dan dibayar langsung dengan Mbah Marto di dapur. Mengenai rasa mangut lele di warung Mbah Marto ini cukup pedas dan bagi pengunjung yang tidak menyukai rasa pedas bisa mencicipi menu lain di warung ini. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat