Pengalaman Naik Scoot Singapura-Jakarta

Pengalaman Naik Scoot Singapura-Jakarta
Rate this post

Penerbangan Scoot saya pilih untuk menuju ke Jakarta Indonesia dari Singapura (Singapore). Maskapai ini menyediakan jadwal penerbangan beberapa kali dalam satu hari mulai pagi hari hingga malam hari. Saya memilih penerbangan siang hari karena harga tiketnya paling murah dibandingkan jadwal penerbangan yang lain.

Proses check-in Scoot untuk Penerbangan Internasional (International Flights) dapat dilakukan secara online mulai 48 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan dengan pilihan web check-in dan mobile check-in. Saya memilih mobile check-in dengan menginstal aplikasi Scoot terlebih daulu di ponsel android saya. Saya mengikuti petunjuk mobile check-in Scoot dimana langkah-langkahnya sama seperti web check-in. Pilihan tempat duduk dan bagasi 20kg saya kosongkan agar tidak menambah biaya penerbangan lagi. Namun saya mengalami masalah dimana proses terakhir muncul biaya tambahan sebesar $40 untuk bagasi padahal saya tidak menambahkan fasilitas atau layanan bagasi. Saya coba berulangkali menggunakan ponsel lain milik teman namun hasilnya tetap sama. Akhirnya saya membatalkan untuk online check-in dan akan check-in langsung di bandara.

Saya berada di Bandar Udara Changi Singapura  atau Changi Airport lebih awal untuk melakukan proses check-in di mesin check-in otomatis sekaligus mesin cetak boarding pass Scoot yang tersedia di terminal bandara. Saya mengikuti petunjuk yang disarankan oleh mesin dan akhirnya saya sukses melakukan check-in penerbangan tanpa ada tambahan biaya. Sambil menunggu jadwal penerbangan saya berkeliling bandara dan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Dua jam sebelum jadwal penerbangan, saya langsung menuju pintu keberangkatan Terminal 2 Bandar Udara Changi Singapura. Pemeriksaan tiket di pintu keberangkatan selanjutnya ke bagian imigrasi untuk pemeriksaan pasport/identitas. Sistem imigrasi di Terminal 2 ini menggunakan sistem gerbang otomatis atau biasa disebut dengan Autogate. Penumpang dipersilakan menscan pasport sendiri di alat yang telah disediakan berikut identifikasi sidik jari. Tidak ada cap atau stempel imigrasi seperti pemeriksaan manual. Selanjutnya penumpang tinggal menunggu penerbangan di ruang runggu depan Gate penerbangan.

Penumpang baru dipersilakan memasuki Gate 1  ketika memasuki waktu Boarding time yang tertera pada tiket pesawat yaitu pada pukul 7.25 am (GMT +8). Barang bawaan dicek menggunakan alat x-ray kemudian penumpang dipersilakan menuju ruang tunggu penumpang. Penumpang yang sudah berkumpul di ruang tunggu dipersilakan naik bus menuju ke tempat pesawat parkir. Penerbangan Scoot rute Singapura-Jakarta dari Bandar Udara Changi Singapura (SIN) tepat waktu atau sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket penerbangan.

Penerbangan Scoot rute Singapura-Jakarta menurut informasi menggunakan pesawat jenis Airbus A320 dengan tempat duduk penumpang berjumlah 180 orang (seat). Seluruh tempat duduk telah disamaratakan menjadi kelas ekonomi (All Economy Class). Kursi penumpang diatur 3 (tiga) di sisi kanan dan 3 (tiga) di sisi kiri badan pesawat. Penerbangan pesawat Scoot yang saya naiki menggunakan nomor penerbangan TR274.

Pesawat take off dari Bandar Udara Changi Singapura (SIN) dengan mulus tanpa gangguan. Pesawat melayang diatas udara kurang lebih sekitar 2 jam dan perlahan-lahan mengurangi ketinggiannya. Pesawat Scoot yang saya naiki mendarat dengan mulus di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta atau bernama lain Cengkareng. Pintu keluar penumpang pesawat Scoot yang saya naiki melalui Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta (CGK/Soetta). (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat