Kelezatan Sate Buntel Tambak Segaran Cabang Yogyakarta

Sate Buntel Tambak Segaran merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan menu utama berupa sate buntel daging kambing yang cukup terkenal di sekitar Solo. Rumah makan ini telah membuka cabang di beberapa tempat dan salah satunya berada di kota Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah kota Yogyakarta dan cukup mudah diakses dari penjuru kota.

Sate Buntel Tambak Segaran merupakan sate buntel kambing khas Solo yang telah membuka beberapa cabang salah satunya di Jl. Brigjen Katamso 192 Yogyakarta. Buka sejak pagi mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00.

Suasana Rumah Makan Sate Tambak Segaran

Perjalanan dari rumah menuju ke rumah makan Sate Buntel Tambak Segaran ini tidak sampai 15 menit. Setelah memarkir sepeda motor, saya langsung bergegas masuk ke rumah makan untuk memesan menu yang tersedia. Menu sate buntel ada beberapa macam diantaranya sate buntel daging, sate buntel campur lemak, sate buntel campur jerohan dan sebagainya. Semua sate buntel tersebut berbahan dasar dari cacahan daging kambing.

Selain menu sate buntel ada beberapa menu lain yang sepertinya menarik untuk dicicipi. Sebut saja sate kambing biasa, sate ayam, nasi goreng, sup tulang sampai dengan koyor. Namun karena niatan datang ke rumah makan ini untuk mencicipi menu utama, saya langsung memilih menu sate buntel daging untuk mencicipi pesona rasanya dan membandingkan dengan rasa sate buntel di warung lain yang pernah saya cicipi.

Sate buntel dibuat dari cacahan daging kambing yang diberi bumbu kemudian dibungkus (di-buntel) dengan kulit lemak kambing.

Pengunjung Rumah Makan Sate Tambak Segaran

Sate buntel daging tidak langsung tersaji seperti saat membeli sate kambing bumbu atau sate klathak. Saya harus menunggu lama karena proses pemasakan sate buntel lumayan lama karena proses pemasakan sate lain daripada pemasakan sate biasa. Sate buntel ini tidak ditusuk dengan lidi atau paku seperti biasanya namun dipanggang diatas api dengan bara api sedang dengan tujuan agar panasnya merata dan seluruh bagian daging matang dengan sempurna.

Baca Juga  Rujak Cingur Mak Soerip, Kuliner Legendaris Dari Maospati

Setelah menunggu beberapa lama akhirnya pesanan sate buntel daging pun tiba bersamaan dengan nasi putih dan minuman. Penyajian sate buntel terlihat menarik dengan daging cacah kambing dibungkus kulit hampir memenuhi isi piring. Sate buntel yang berwarna coklat kehitaman ini disiram dengan bumbu kecap yang terlihat kental dan manis. Potongan acar, bawang merah, dan sambal cabe tidak lupa disertakan dibagian tepi piring.

Seporsi Sate Buntel Tambak Segaran

Rasa sate buntel di rumah makan Sate Buntel Tambak Segaran ini benar-benar lezat. Lemak yang membungkus daging cacah terasa lumer dimulut. Selain itu daging cacah benar-benar halus, empuk, dan matang dengan teknik pemasakan sempurna. Bumbunya terasa rempah-rempahnya meskipun rasa manis tetap dominan karena kuah kecap yang dicampurkan. Sepertinya tidak ada kekurangannya pada makanan ini selain kita harus datang lagi untuk mencicipinya

Bagi saya rasa Sate Buntel Tambak Segaran ini benar-benar enak dan lebih enak dibandingkan dengan Sate Buntel Godril yang sebelumnya pernah saya cicipi. Harga yang ditebus cukup mahal sekitar Rp 35.000,- namun sebanding dengan kelezatan yang diterima. Sekali-kali bolehlah dikunjungi sebagai obat rasa kangen menikmati rasa sate buntel tanpa harus jauh-jauh datang ke Solo. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat