Sate Taichan Senayan, Mencicipi Sate Kekinian Di Sudut Kota Jogja

Sate Taichan Senayan merupakan kuliner sate ayam kekinian di sekitar kota Yogyakarta. Bila dilihat dari namanya banyak menduga bahwa sate ini berasal dari negara Jepang. Namun hal tersebut ternyata salah, sate ini berasal dari kawasan Senayan Jakarta. pada waktu itu ada pembeli yang berasal dari Jepang merequest pesanan kepada pedagang sate dan terciptalah nama Sate Taichan.

Kedai Sate Taichan Senayan beralamat di Jalan Kolonel Sugiyono No. 19C, kelurahan Brontokusuman, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta 55153.

Lokasi kedai Sate Taichan Senayan Yogyakarta berada di sebelah timur dari Pojok Beteng Wetan Kraton yogyakarta dan di sebelah barat dari pintu masuk Museum Perjuangan Yogyakarta. Kedai ini tdaik menyediakan area parkir dan pengunjung dapat parkir di area tepi jalan.

Penyajian sate kulit ayam di kedai Sate Taichan Senayan menggunakan piring datar berukuran tanggung berwarna putih. Satu porsi sate kulit ayam terdiri dari 10 tusuk sate dengan bumbu sambal dan potongan jeruk nipis. Bumbu yang digunakan mirip seperti sate Klathak dimana hanya menggunakan garam saja. saat dicicipi sate kulit terasa agak alot saat digigit dari tusuk sate dan susah dilepaskan dari tusuk sate. Padahal sate kulit ayam bila dibayangkan akan terasa enak, lembut, empuk, dan kenyal namun tidak pada sajian di kedai ini. Hal ini dikarenakan kulit ayam tampak kaku akibat penggorengan kering dan lama. Bagi saya pribadi, sate kulit ayam kurang direkomendasikan untuk disantap walaupun itu merupakan menu yang direkomendasikan oleh kedai sate. Pengunjung disarankan mmesan sate daging ayam saja dan menu lainnya. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga makanan sekelas kedai atau rumah makan di pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Daftar Bangunan Warisan Budaya Di Umbulharjo Yogyakarta

Kirim pendapat