Sate Sapi Karang Pak Prapto, Kuliner Favorit Kotagede Di Malam Hari

Sate Sapi Karang Pak Prapto, Kuliner Favorit Kotagede Di Malam Hari
3 (60%) 1 vote

Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto merupakan daya tarik kuliner malam di sekitar kawasan Kotagede Yogyakarta. Menu utama yang disajikan warung ini adalah sate daging sapi yang dikombinasikan dengan lontong sayur. Warung ini cukup legendaris karena diwariskan secara turun temurun sebagai usaha keluarga. Cita rasa yang ditawarkan oleh sajian sate sapi ini unik dan menarik karena berbeda dengan sate-sate lain pada umumnya.

Warung Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto beralamat di Lapangan Karang, Jalan Nyi Pembayun, kelurahan Prenggan, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta.

Gerobak Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto Yogyakarta

Lokasi Warung Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto berada di tepi Lapangan Karang yang berada di sebelah utara Pasar Legi Kotagede Yogyakarta. Rute menuju ke warung ini ada tiga cara yaitu dari utara, barat, dan timur Kotagede. Dari utara Kotagede melewati Jalan Kemasan kemudian pada pertigaan kecil Pegadaian Kotagede. Pilihlah jalan ke kanan (barat) dan sekitar 100 meter tiba di Lapangan Karang. Dari barat melewati Jalan Tegal Gendu ke arah timur hingga pertigaan HS Silver. Pilihlah jalan ke arah kiri (utara) dan susurilah jalan tersebut hingga tiba di Lapangan Karang. Cara terakhir yaitu dari timur ke arah barat menuju Pasar Legi Kotagede kemudian belok ke arah utara melewati Jalan Kemasan. Pada pertigaan Pegadaian Kotagede pilih jalan ke arah kiri (barat) dan sekitar 100 meter tiba di lokasi.

Sate Sapi Karang Kotagede dirintis pada tahun 1947 oleh Mbah Karyo Semitro. Pada awalnya usaha jualan sate sapi ini menggunakan pikulan dan dibawa keliling kawasan Kotagede. Pada tahun 1963, usaha sate sapi karang ini diteruskan oleh anaknya yang bernama Prapto Hartono. Saat ini Pak Prapto dibantu berjualan oleh anak ketiganya.

Warung Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto Yogyakarta

Warung Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto buka menjelang malam hari. Warung kakilima ini menempati trotoar pinggir Lapangan karrang berhimpit dengan warung kakilima yang lain. Spanduk warung ini cukup jelas dari tepi jalan sehingga pengunjung yang pertama kali datang tidak kesulitan menemukan tempat ini. Pengunjung dipersilakan memesan menu makanan di gerobak warung sebelum mencari tempat duduk lesehan yang masih kosong. Ada 3 (tiga) pilhan porsi sate antara lain porsi kecil (5 tusuk sate), porsi sedang (7 tusuk sate), dan porsi utuh (10 tusuk sate).

Penyajian Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto berbeda dengan penyajian sate pada umumnya dimana sate dinikmati dengan lontong sayur. Sate sapi dibumbui terlebih dahulu sebelum dibakar kemudian dilapisi sedikit bumbu kacang ketika akan disajikan. Bumbu kacang yang digunakan terlihat lebih kering dan lebih padat dibandingkan bumbu kacang pada sate madura. Sayur yang dicampurkan dengan irisan lontong adalah sayur tempe pedas dengan kuah santan encer seperti ketupat sayur. Daya tarik rasa yang ditawarkan oleh hidangan sate ini adalah rasa manis, gurih, pedas,

Sajian Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto Yogyakarta

Secara keseluruhan Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto menjadi pilihan utama bersantap malam bagi wisatawan yang sedang berkunjung di kawasan Kotagede. Rasanya kurang lengkap datang ke Kotagede kalau tidak menikmati sajian kuliner yang cukup melegenda ini. Cita rasanya yang khas dan unik ini jarang ditemui di tempat lain. Hanya saja harga yang ditawarkan untuk seporsi Sate Sapi Karang Kotagede Pak Prapto terbilang mahal untuk harga makanan di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR HARGA

Porsi Kecil: Rp 17.000,-

Porsi Sedang: Rp 24.000,-

Porsi Utuh: Rp 31.000,-

Teh Panas/Es: Rp 3.000,-

Jeruk Panas/Es: Rp 3.000,-

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. budi:

    wah lihat judulnya langsung ngiler, melihat tekstur sate yang sudah siap santap hmmm makin menggoda

    • admin:

      Hi Budi, monggo dicicipi :)

Kirim pendapat