Sate Madura Cak Idy, Kuliner Sate Madura Favorit Di Timoho Yogyakarta

Sate Madura Cak Idy, Kuliner Sate Madura Favorit Di Timoho Yogyakarta
3.3 (66.67%) 3 votes

Warung Sate Madura Cak Idy merupakan daya tarik kuliner sate khas Madura di kota Yogyakarta. Penjualnya merupakan orang asli Madura sehingga tidak diragukan lagi cita rasa masakannya. Warung ini cukup dikenal oleh kalangan penikmat sate dan selalu ramai dikunjungi sejak sore hari. Menu utama yang disajikan warung sate ini adalah sate ayam dan sate kambing.

Sate Madura Cak Idy (Cak Haji Idi) terletak di tepi Jalan Timoho Yogyakarta. Buka sejak sore hari hingga menjelang tengah malam atau habis.

Spanduk Nama Sate Madura Cak Idy Yogyakarta

Lokasi Warung Sate Madura Cak Idy berada di sebelah utara Kantor Balaikota Yogyakarta. Rute menuju warung sate madura ini dari titik nol kilometer ke arah timur menuju kawasan Balaikota Yogyakarta. Sesampai di perempatan Balaikota Yogyakarta pilihlah jalan ke arah utara sejauh 200 meter hingga menemui perempatan kecil tanpa lampu lalilintas yang terdapat cafe bernama Alive Fusion Dining. Posisi warung ini berada di jalan kecil ke arah kanan atau arah timur dari perempatan tersebut.

Sejak sore hari, Warung Sate Madura Cak Idy telah menggelar dagangannya. Asap bakaran sate pun tampak dari kejauhan karena pegawai warung membakar puluhan tusuk sate setiap sekali membakar. Bau harum khas bumbu dan sate madura tercium dari jauh membuat siapa saja ingin mencicipinya. Benar saja, saat saya tiba di warung sate tersebut, para pegawai warung sate sedang membakar sate dan terlihat beberapa pembeli yang mengantri menunggu sate yang mereka pesan.

Proses Membakar Sate Di Sate Madura Cak Idy Yogyakarta

Setelah memarkir kendaraan, saya langsung menuju ke dalam untuk memesan sate ayam untuk dibawa pulang. Di Warung Sate Madura Cak Idy ini juga tersedia sate kambing dengan bumbu yang sama. Saya dipersilakan menunggu antrian bersama pelanggan lain yang telah datang lebih dahulu. Agak lama saya menunggu karena rata-rata orang yang membeli dengan dibungkus memesan porsi yang cukup banyak.

Pelanggan yang datang dan menikmati sate madura di warung tersebut diprioritaskan lebih dahulu untuk dilayani. Saya memperhatikan bahwa tempat duduk yang tersedia di warung tersebut hampir penuh saat hari menjelang malam. Akhirnya pesanan saya selesai dibungkuskan yaitu beberapa puluh tusuk sate ayam campur yaitu setengah sate ayam daging dan sate ayam daging campur jerohan dan kulit.

Suasana Warung Sate Madura Cak Idy Yogyakarta

Setelah membayar, bungkusan sate yang saya pesan langsung saya bawa pulang untuk dimakan bersama keluarga. Dalam penyajian satu bungkus terdapat 20 tusuk sate ayam yang sudah dicampur dengan sambal kacang yang cukup menggoda selera. Potongan daging ayam dalam sate tersebut cukup besar-besar dan mantap ketika masuk ke dalam mulut. Tidak ketinggal potongan cabai dan bawah merah disertakan dalam bungkus tersendiri.

Sajian Sate Ayam Di Sate Madura Cak Idy Yogyakarta

Sate ayam di Warung Sate Madura Cak Idy memang menjadi langganan kami ketika ingin menikmati sate ayam khas Madura di kota Yogyakarta. Potongan daging ayam yang cukup besar dan bumbunya yang cukup enak menjadi salah satu alasan mengapa kami lebih memilih tempat ini. Ada beberapa warung sate Madura lain di kota Yogyakarta yang rasanya tidak kalah enak dengan warung ini. Namun jarak yang cukup jauh membuat saya memilih membeli di warung ini yang notabene dekat dengan rumah. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    jiah.. ora tau ajak ajak ik..jian.. hihihihi

  2. jarwadi:

    mas ano, yuuk kapan gitu kita main ke madura, beli sate madura sama potong rambut madura yang aseli 

Kirim pendapat