Sate Klatak

Sate Klatak
Rate this post

Sate Klatak merupakan salah satu kuliner sate yang terdapat di pinggiran kota Yogyakarta. Munculnya kuliner sate yang unik ini udah ada beberapa puluh tahun yang lalu di Pasar Jejeran Jalan Imogori Timur. Tidak mengherankan kalau disepanjang jalan tersebut saat ini banyak bermunculan warung Sate Kambing yang menyediakan menu sate Klatak.

Asal-Usul nama Sate Klatak saat ini belum jelas. Namun lebih condong memiliki arti sate yang tidak menggunakan bumbu selain garam.

Sate Klatak ini lain daripada sate-sate lain yang biasa dijual. Dengan berbahan dasar daging kambing, sate Klatak ini ditusukkan pada jeruji besi yang panjang. Berbeda dengan sate-sate kebanyakan yang menggunakan tusuk sate yang terbuat dari lidi atau bambu. Bumbunya pun cukup sederhana, hanya dilumuri dengan garam dan bawang putih tanpa ditambahi bumbu-bumbu yang lain. Kemudian dibakar biasa diatas bara api yang membara.

Sate Klatak yang telah matang disajikan diatas piring yang diberi kuah gulai sedikit bersama sepiring nasi putih dan lalapan sederhana seperti potongan tomat dan kubis. Bila diperhatikan tidak ada yang istimewa dari bumbu, resep, dan cara mengolah sate Klatak yang terkesan sangat sederhana. Kesederhanaan menjadi daya tarik makanan sate Klatak membuat setiap orang ingin kembali mencicipinya di lain waktu.

Sate Klatak Pak Bari

Sebagai salah satu daya tarik wisata kuliner, saat ini banyak orang mengembangkan bisnis dengan menu Sate Klatak. Mulai dari warung sate kambing kecil-kecilan hingga restoran besar. Namun konsumen tetap menjadi raja untuk memilih warung sate Klatak yang cocok untuk lidah mereka. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Dimas:

    Jd lapeeerrr……
    ????

Kirim pendapat