Sate Kambing Waru Doyong, Sensasi Kuliner Sate Kambing Di Timur Pasar Kotagede

Warung Sate Kambing Waru Doyong merupakan salah satu kuliner menarik di sekitar kawasan Kotagede Yogyakarta. menu utama yang disajikan adalah olahan daging kambing khas Kotagede seperti sate dan tongseng. Warung ini telah lama berdiri dan memiliki banyak pelanggan tetap yang setia mampir setiap harinya. Tidak sedikit pelanggan baru yang datang dan cocok dengan masakan warung ini kemudian kembali lagi di lain waktu.

Warung Sate Kambing Waru Doyong berada di Jalan Karanglo atau sebelah timur dari Pasar Kotagede. Menyediakan menu utama berupa sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing, dan nasi goreng kambing.

Warung Sate Kambing Waru Doyong Kotagede Dari Luar

Lokasi Warung Sate Kambing Waru Doyong Kotagede berada di sebelah timur kawasan Pasar Legi Kotagede. Rute menuju ke Warung Sate Kambing Waru Doyong dari perempatan Kantor Pos Kotagede ke arah timur menuju Jalan Rongroad Timur Yogyakarta sejauh 200 meter dan posisi warung tersebut berada di sebelah kiri jalan atau utara jalan. Tepat seberang jalan bangunan Warung Sate Kambing Waru Doyong adalah sebuah masjid kecil.

Patokan utama Warung Sate Kambing Waru Doyong adalah keberadaan pohon Waru yang tumbuh miring (Jawa:Doyong) ke sebuah warung kecil yang terlihat sederhana di tepi jalan. Bangunan warung terlihat sederhana dengan jendela yang terbuat dari kayu dengan dinding dari batu bata tanpa ditutup adonan semen. Kesan pertama datang ke warung ini seperti memasuki warung bergaya tempo dulu.

Baca Juga  Mie Ayam 43 Gejayan Yogyakarta, Sajian Mie Ayam Di Dekat Pojok Jalan

Dapur Warung Sate Kambing Waru Doyong Kotagede

Pengunjung dipersilakan langsung memesan menu makanan di dapur Warung Sate Kambing Waru Doyong yang berada di samping ruang duduk. Menu makanan yang disediakan semuanya merupakan olahan daging kambing diantaranya sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing, dan nasi goreng kambing. Pengunjung dapat juga memesan menu spesifik bagian daging kambing seperti kepala, otak, kikil, usus, hati, dan sebagainya.

Ruangan Warung Sate Kambing Waru Doyong Kotagede

Suasana Warung Sate Kambing Waru Doyong terlihat cukup tradisional dan sederhana dengan beberapa meja besar berbentuk persegi panjang dengan tempat duduk dari bambu. Dinding warung sebagian masih berupa anyaman bambu dan papan kayu. Pencahayaan hanya berasal dari jendela warung terkesan suasananya sedikit gelap. Namun besarnya ukuran jendela membuat sirkulasi udara di dalam ruangan terasa sejuk dan tidak panas.

Penyajian menu makanan di Warung Sate Kambing Waru Doyong Kotagede menggunakan piring putih tanggung dengan isi makanan yang hampir penuh. Pesananan yang saya pilih yaitu tongseng kepala kambing terlihat begitu menggoda selera dan tidak sabar ingin mencicipinya. Pengunjung dapat meminta taburan bubuk merica atau tambahan merica bubuk kepada pelayanan karena tidak disediakan di meja makan. Untuk cabe rawit disediakan oleh pengelola warung di meja makan berdampingan dengan tusuk gigi.

Sajian Tongseng Kambing Di Warung Sate Kambing Waru Doyong Kotagede

Tongseng kambing di Warung Sate Kambing Waru Doyong memiliki rasa dominan manis dan sedikit rasa asin, pedas, serta gurih. Cita rasa manis yang ditonjolkan dalam masakan tongseng kambing tersebut menunjukkan kekhasan masakan dari Yogyakarta yang terkenal dengan rasa manisnya. Namun rasa manis yang ditawarkan tidak terlalu tajam dan masih nyaman dinikmati oleh semua penikmat rasa.

Baca Juga  Cita Rasa Kopi Luwak Campuran dari Tulungagung

Potongan daging kambing ukurannya cukup besar dan banyak membuat pengunjung puas dalam menyantapnya. Proses pemasakan daging kambing cukup sempurna sehingga daging terasa empuk, kenyal, dan tidak terkesan alot. Bumbu yang ada pun meresap sampai ke dalam daging dan tidak terlihat seperti daging yang disiram bumbu. Harga yang ditawarkan untuk seporsi sajian kuliner kambing di Warung Sate Kambing Waru Doyong Kotagede cukup murah dan sebanding dengan rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Sate Kambing Waru Doyong
Jl. Karanglo, Kotagede, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DIY

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. model baju batik kantor:

    wah kesukaan saya nih, apalagi untuk orang yang terkena tekanan darah rendah. mantap sate gulenya

    • admin:

      Hi, iya benar sajian sate/tongseng kambing cocok bagi penderita tekanan darah rendah :-)

  2. jarwadi:

    di Siyono juga ada sate nongko doyong. mungkin cabang yg Kotagede

    • admin:

      Hi Jarwadi, kayak e beda deh..hihihi di tempat lain juga ada sate waru doyong tapi bukan cabang warung ini :-)

Kirim pendapat