Sate Kambing Tali Roso Pak Tri, Nostalgia Sate Kambing Khas Klaten

Sate Kambing Tali Roso Pak Tri, Nostalgia Sate Kambing Khas Klaten
3.3 (66.67%) 3 vote[s]

Warung Sate Kambing Tali Roso Pak Tri merupakan warung yang cukup legendaris yang berada di sebelah selatan Pasar Wedi Klaten. Warung sate ini telah membuka dagangannya sejak puluhan tahun yang lalu dan masih eksis hingga saat ini. Hidangan utama yang ditawarkan adalah sate kambing dan gulai kambing khas Klaten. Rasa yang ditawarkan tidak berubah dan konon hampir sama dengan cita rasa ketika awal mula warung ini buka pertama kali.

Sate Kambing Tali Roso “Pak Tri” terletak di Jalan Raya Wedi – Gunungan, Klaten. Menyajikan menu utama berupa sate kambing dan gulai kambing khas Klaten. Buka dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB.

Spanduk Sate Kambing Tali Roso Pak Tri

Lokasi Warung Sate Kambing Tali Roso “Pak Tri” berada di tepi Jalan Raya penghubung kota kecamatan Wedi dengan kota kecamatan Bayat atau tepatnya disebelah selatan Pasar Wedi.  Dari dulu hingga sekarang tidak ada perubahan pada warung sate kambing ini kecuali spanduk nama baru yang diberi oleh salah satu sponsor. Halaman depannya hanya cukup untuk parkir kendaraan roda dua saja dan tidak dapat digunakan untuk parkir kendaraan roda empat. Bila membawa kendaraan roda empat kita harus parkir sedikit jauh dari warung ini.

Setelah memarkir kendaraan saya langsung memasuki Warung Sate Kambing Tali Roso “Pak Tri” dan memesan menu yang tersedia yaitu sate kambing dan gulai kambing. Tidak ada menu olahan daging kambing lain seperti tongseng atau nasi goreng kambing yang biasa ditemui di tempat lain. Sepertinya sate dan gulai menjadi pilihan utama dan daya tarik warga sekitar dalam menikmati daging kambing. Setelah memesan, saya mencari tempat duduk yang kosong sambil menunggu antrian pesanan.

Baca Juga  Pantai Nampu Wonogiri, Pesona Wisata Unggulan Wonogiri

Dinding Warung Sate Kambing Tali Roso Pak Tri

Warung Sate Kambing Tali Roso “Pak Tri” cukup ramai menjelang siang hari, banyak pelanggan yang membeli untuk dibungkus dan dinikmati di dalam rumah. Sambil menunggu pesanan tiba, saya melihat suasana ruangan warung tidak mengalami perubahan. Meja kursi kuno yang terbuat jati pilihan ini masih tetap awet menyapa pelanggan warung di dalam ruangan sempit. Dinding warung yang pudar catnya dan kotor terkena jelaga atau asap sate tidak dibersihkan memberikan kesan warung ini sudah berdiri cukup lama.

Depan Warung Sate Kambing Tali Roso Pak Tri

Akhirnya pesanan saya pun tiba, sepiring sate kambing dan sepiring gulai kambing. Penyajian sate kambing di warung ini tidak disertakan dengan tusuk satenya dan potongan dagingnya telah disusun rapi diatas  piring. Sempat saya melihat proses pembuatannya dimana potongan daging kambing yang cukup besar ditusukkan dalam jeruji besi, diberi bumbu kental, kemudian dibakar diatas arang hingga matang. Penggunaan tusuk jeruji saat membakar sate mengingatkan saya dengan sate kambing Pak Pong dan sate klatak yang dijual di jalan Imogiri. Kemudian potongan daging dilepaskan dari tusuknya dan diberi bumbu kecap yang kental dan terlihat menggoda selera.

Sajian Sate Kambing Kambing Warung Sate Kambing Tali Roso Pak Tri

Rasa sate kambing cukup enak dengan dominan rasa gurih dan manis. Beberapa potong daging kambing dicampur dengan lemak yang membuat rasa sate semakin nikmat. Proses pemasakan sempurna dengan tusuk jeruji besi membuat daging kambing terasa empuk dan kenyal. Dalam satu porsi sate kambing terdapat 15-20 potongan daging dan saya cukup menikmatinya. Bumbu satenya terasa sangat manis dan hal ini kurang disukai orang-orang yang kurang suka rasa manis. Namun inilah cirikhas rasa sate di kecamatan Wedi yang mirip dengan masakan khas Yogyakarta yang cenderung manis.

Baca Juga  Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta, Cita Rasa Turun Temurun Yang Mulai Memudar

Sajian Gulai Kambing Warung Sate Kambing Tali Roso Pak Tri

Menu selanjutnya adalah gulai kambing yang penampakannya cukup menggoda. Gulai kambing di warung Sate Kambing Tali Roso “Pak Tri ini merupakan gulai jerohan kambing yang cukup berlemak dengan sedikit potongan daging. Bila anda kurang menyukai jerohan kambing dan menghindari kolesterol sebaiknya tidak perlu memesan gulai di warung ini. Gulai kambing telah dimasak sejak warung ini dibuka dan langsung disajikan tanpa dimasak terlebih dahulu. Kuah gulai terlihat kental dan terasa cukup gurih, manis, asin yang berpadu menjadi satu. Potongan jerohan, tulang, lemak, dan sedikit daging dimasak hingga empuk membuat mulut tidak bersusah payah untuk mengunyahnya.

Warung Sate Kambing Tali Roso “Pak Tri” menjadi pilihan untuk menikmati kuliner di kecamatan Wedi khususnya dan kabupaten Klaten pada umumnya. Cukup disarankan bagi penyuka daging kambing, rasa manis, dan orang yang tidak memiliki masalah dengan darah tinggi dan kolesterol. Harga yang ditawarkan sebanding dengan rasa yang didapatkan. (text/foto: annosmile)

 === Harga

Sate Kambing + Nasi + Minum: Rp 20.000,-

Gulai Kambing + Nasi +Minum: Rp 15.000,-

INFORMASI
Sate Kambing Tali Roso 'Pak Tri'
Jl. Raya Wedi - Gunungan, Klaten (selatan Pasar Wedi)
Buka pukul 09.00 - 17.00 WIB

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. D Sukmana Adi:

    wah kolesterol semua itu mas hahaha..makannya bsk aja klo pas lebaran :D

  2. alan:

    bsk yo, klo ke jogja ajak kesini kak :D

    • admin:

      Hi Alan,
      Boleh kabar-kabar saja ya :-)

Kirim pendapat