Sate Kambing & Ayam Pak Jogo, Cita Rasa Biasa Di Sudut Jogja Expo Center (JEC)

Sate Kambing & Ayam Pak Jogo merupakan salah satu tempat bersantap sate kambing dan sate ayam di timur kota Yogyakarta. Keberaannya cukup ramai dikunjungi pengunjung karena sudah cukup lama berdiri dan tidak ada warung sate lain yang ada didekatnya. Cita rasa yang ditawarkan cenderung manis sesuai dengan cita rasa masakan khas Yogyakarta dan sajiannya sedikit berbeda dengan sate kambing khas Bantul.

Sate Kambing & Ayam Pak Jogo terletak di Jalan Janti, pojok pertigaan Jogja Expo Center (JEC), kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Warung ini berdiri pada kisara tahun 80an oleh Pak Jogo bersama anaknya.

Tongseng Kambing Di Warung Sate Pak Jogo Bantul

Lokasi Sate Kambing & Ayam Pak Jogo berada di sebelah utara pertigaan pohon beringin di dekat Jogja Expo Center (JEC) dan Gudeg Bu Tjitro. Rute dari kawasan Nol Kilometer ke arah timur hingga perempatan timur Kebun Binatang Gembira Loka. Selanjutnya pilih jalan ke kiri atau ke utara menuju ke Jogja Expo Center. Pada persimpangan yang ada pohon beringin ambil jalan lurus dan beberapa puluh meter berselang warung sate tersebut berada di sisi kiri jalan. Menu yang disajikan Sate Kambing & Ayam Pak Jogo beragam mulai dari sate kambing, sate ayam, tongseng kambing, tengkleng kambing, dan sebagainya. Diantara menu yang ditawarkan saya memilih tongseng kambing.

Baca Juga  Berebut Grebeg Maulid Di Kepatihan Yogyakarta

Penyajian tongseng kambing yang saya pesan di Sate Kambing & Ayam Pak Jogo disajikan dengan piring ukuran tanggung. Porsinya terlihat lebih sedikit dibandingkan dengan porsi tongseng kambing yang pernah saya cicipi di daerah Kotagede ataupun Bantul. Kuahnya terasa sedikit dingin dan saya menduga bahwa tongseng kambing yang disajikan dimasak dalam jumlah besar dan tidak dimasak satu porsi dalam sekali masak. Sepertinya untuk mempersingkat waktu pengunjung penunggu dilakukan proses memasak dalam jumlah banyak diawal dan hal ini juga berlaku pada menu sate kambing dan sate ayam. Saat mencicipi potongan daging kambing pada tongseng terasa cukup empuk dan tidak terkesan alot. Cita rasa yang ditawarkan didominasi rasa gurih dan manis namun terkesan biasa. Bagi saya pribadi merasa kurang puas dengan porsi tongseng kambing yang (terlalu) sedikit itu dan rasa yang biasa tersebut. Untuk sate ayam saya belum sempat mencobanya namun sepertinya menggunakan bumbu yang sama seperti sate kambing. Harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal untuk ukuran sate dan tongseng kambing di sekitar Yogyakarta. Secara keseluruhan Sate Kambing & Ayam Pak Jogo kurang direkomendasikan untuk dicicipi. Alternatif lain warung sate kambing dengan cita rasa yang layak dicicipi adalah Warung Sate Kambing Tenda Biru yang lokasinya berada di selatan tempat ini kira-kira 500 meter. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Sate kambing & Ayam Pak Jogo
  • 6.5/10
    Sate Kambing - 6.5/10
  • 6/10
    Tongseng Kambing - 6/10
  • 6.3/10
    Tengkleng Kambing - 6.3/10
6.3/10
INFORMASI
Sate Kambing & Ayam Pak Jogo
Jl. Janti, pojok pertigaan barat Jogja Expo Center (JEC), kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta
Telp 0274-542649

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d habis

Kirim pendapat