Sate Kambing Mbak Bella, Kuliner Di Bekas Pasar Imogiri Bantul

Sate Kambing Mbak Bella, Kuliner Di Bekas Pasar Imogiri Bantul
Rate this post

Sate Kambing Mbak Bella merupakan daya tarik kuliner di bekas Pasar Imogiri Bantul. Keberadaannya cukup dikenal dan mewarnai aneka jajanan di area Pasar Imogiri lama yang saat ini telah berpindah lokasi. Menu utama yang disajikan warung ini bukan sate kambing klathak melainkan sate kambing bumbu khas Bantul dan gulai kambing.

Warung Sate Kambing Mbak Bella terletak di Makam Raja, desa Karangtajun, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta atau tepatnya disebelah timur bekas Pasar Imogiri Lama. Buka dari pagi hingga menjelang malam atau hingga habis.

Suasana Warung Sate Kambing Mbak Bella Bantul

Lokasi warung sate kambing Mbak Bella cukup mudah ditemui karena berada di tepi jalan menuju ke Makam Raja-Raja Mataram Imogiri dan berada di sebelah timur Pasar Imogiri Lama. Setelah memarkir kendaraan langsung saja kami masuk ke dalam warung dan memesan sate kambing beserta nasi dan minumnya. Sambil menunggu pesanan datang, kami duduk-duduk di meja kursi yang disediakan sambil mengamati keramaian warung ini menjelang sore.

Sedikit lama untuk menunggu pesanan tiba karena daging kambing harus dipotong-potong terlebih dahulu, ditusukkan kedalam tusuk sate, diberi bumbu dan dibakar. Beberapa porsi sate, satu ceting besar nasi, dan minuman akhirnya tersaji di meja. Satu porsi sate kambing terdapat lima tusuk sate yang berisi sekitar 4-5 potongan daging. Sate kambing di tempat ini menggunakan bumbu kecap berbeda dengan sate klatak yang berasa sedikit asin karena hanya menggunakan bumbu garam dan bawang putih.

Sajian Sate Kambing Di Warung Sate Kambing Mbak Bella Bantul

Sate kambing yang dihidangkan berasa gurih, manis, dan sedikit pedas karena bumbu kecap cukup dominan dalam penyajian.Sepertinya terdapat campuran bumbu lada dan cabe dalam bumbu sate kambing. Bagi yang tidak suka rasa manis sebaiknya mengurungkan niatnya ke warung ini karena rasa manis cukup dominan. Irisan daging yang ditusukkan dalam tusuk sate kadang diselingi lemak sehingga berasa gurih dan beraroma sedikit mencolok.  Cukup disayangkan beberapa potongan daging kambing terasa alot dan susah untuk dikunyah. Saya menduga daging kambing yang alot ini berasal dari kambing tua yang memiliki struktur perototan yang kuat dan sedikit lemak. Selain itu kadang pelayan terburu-buru membakar sate sehingga beberapa irisan daging belum sepenuhnya matang.

Secara keseluruhan menu sate kambing Mbak Bella layak menjadi salah satu alternatif kuliner daging kambing meskipun bukan sebagai alternatif utama. Kekurangan beberapa daging yang alot dan sedikit kurang matang tertutup dengan porsi nasi dalam ceting besar. Minuman hangat ditempat ini menggunakan gula batu yang menjadi cirikhas minuman pedesaan. Krupuk yang tersedia di warung ini disediakan secara gratis bagi pengunjung yang membeli dan menikmati sate kambing ditempat, lumayan bukan. (text: annosmile foto: ps negoro)

CABANG

Pusat. Jl. Makam Raja, desa Karangtajun, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Cabang 1. Jl. Imogiri Timur KM 12,5, dusun Blawong, desa Trimulyo, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

DAFTAR MENU

Sate/Tongseng Kambing+nasi = Rp11.000,-/porsi

Minuman (jeruk, teh) = Rp2.000,-/gelas

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. putrosn:

    brambang ki lagi mahal, Mas. harap maklum :|

  2. Abed Nego:

    Sate kambingnya lumayan enak itu Mas karena ada campuran kecap,lada,timun,irisan bawang.Enak benar Mas apalagi harganya yang lumayan cukup terjangkau.Karenan dengan modal 20ribu aja perut udah cukup kenyang.

Kirim pendapat