Sate Kambing Mbah Umar, Cukuplah Untuk Mengobati Rasa Lapar

Sate Kambing Mbah Umar merupakan daya tarik kuliner sate kambing di sekitar jalan Bibis Godean Sleman. Keberadaan warung sate ini sudah cukup lama mengingat daerah ini masih cukup jarang ada penjual makanan dan minuman. Menu yang ditawarkan warung ini cukup lengkap mulai dari sate, gulai, tongseng, hingga tengkleng kambing.

Warung Sate Kambing Mbah Umar beralamat di Jalan Bibis, dusun Sembuh Wetan, desa Sidokarto, kecamatan Godean, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55264.

Lokasi Warung Sate Kambing Mbah Umar berada di sebuah tikungan jalan yang menghubungkan antara daerah Pathukan dengan selatan Pasar Godean. Posisi warung sate ini berada di sebelah timur pohon beringin sebagai patokan gang jalan menuju kawasan pedesaan. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua. Pengunjung yang baru datang dipersilakan langsung memesan dan memlih tempat duduk yang masih kosong.

Penyajian menu tongseng kepala kambing di Warung Sate Kambing Mbah Umar menggunakan piring berwarna putih berukuran tanggung. Porsinya terbilang standar dan cukup untuk satu orang saja. Penampilan tongseng kepala seperti tongseng pada umumnya dengan kuah berwarna coklat kental. Potongan daging kepala berukuran sedang dan tidak terlalu kecil. Sebagian irisan dagingnya cukup empuk dan sebagian irisan daging lainnya terasa alot.  Sepertinya proses perebusan kepala kambing kurang lama membuat daging masih alot dan belum empuk atau lunak. 

Baca Juga  Bekas Jembatan Kereta Api Yang Melintas di Kali Winongo

Bumbu rempah-rempah pada sajian tongseng kepala cukup terasa dengan dominasi rasa manis khas masakan Jawa. Hanya saja bumbu masakan kurang meresap ke dalam daging kepala dan berkesan hambar bila tidak dinikmati dengan kuahnya. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan Warung Lesehan Gule Sawah di daerah Kulon Progo. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran harga sate kambing di pinggiran kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Sate Kambing Mbah Umar
Overall
6.8/10
6.8/10
  • Tongseng Kepala - 6.8/10
    6.8/10
INFORMASI
Warung Sate Kambing Mbah Umar
Jl. Bibis, dusun Sembuh Wetan, desa Sidokarto, kecamatan Godean, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55264

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 20.00 WIB

Kirim pendapat