Sate Bebek Tambak Pak Paiman Banyumas, Pedas Manisnya Bikin Nagih

Sate Bebek Tambak Pak Paiman merupakan salah satu pilihan bersantap kuliner sate dan olahan daging itik di tepi jalan raya Kebumen menuju ke arah Banyumas atau Cilacap. Sajian sate di sekitar kawasan Tambak ini cukup unik karena menggunakan daging bebek atau itik dan tidak menggunakan daging ayam atau kambing seperti hidangan sate pada umumnya. Warung kuliner ini menjadi favorit para pemudik dan pengguna jalan yang melewati jalan raya ini.

Sate Bebek Tambak Banyumas banyak ditemui di tepi Jalan Raya Tambak Banyumas yang merupakan Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa. Warung Sate Bebek Tambak Pak Saiman merupakan salah satu warung yang menjual sate bebek di kawasan Pusat Kuliner Sate Bebek Tambak Banyumas.

Penampakan Sate Bebek Tambak Banyumas

Lokasi Sate Bebek Pak Paiman berada di tepi Jalan Raya Tambak Banyumas tepatnya disebelah timur Pasar Tambak. Jalan Raya Tambak ini diapit oleh kecamatan Sumpiuh Banyumas pada bagian barat dan kecamatan Rowokelele Kebumen pada bagian timurnya. Warung ini berdampingan dengan warung kakilima lain di pinggir trotoar jalan. Papan namanya berukuran sedang dan sepintas tidak terlihat karena dipasang agak kedalam warung. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di tepi jalan karena warung ini tidak menyediakan area parkir.

Membakar Sate Di Warung Sate Bebek Tambak Pak Paiman Banyumas

Menu utama dan satu-satunya warung Sate Bebek Pak Paiman adalah sate bebek khas Tambak Banyumas. Tidak ada menu lain yang ditawarkan oleh warung kakilima. Penjual sate bebek terlihat sibuk membakar sate depan warung dibantu oleh asistennya dalm menyajikan hidangan sate. Proses membakar sate sedikit lama karena daging bebek yang cukup tebal dan sedikit alot. Selain itu, proses pembakaran sate secara manual dengan kipas turut memperlama waktu pembakaran.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Pati

Daging bebek yang digunakan untuk membuat sate adalah daging bebek yang berasal dari bebek yang masih muda agar terjaga keempukannya dan lebih mudah dalam pengolahannya. Meskipun dalam prakteknya, daging bebek tersebut harus direbus terlebih dahulu agar terlihat empuk dan tidak alot saat dikunyah. Daging bebek tersebut direndam dalam bumbu cukup lama agar bumbu meresap kedalam daging.

Pemilihan bebek yang baik menentukan rasa saat diolah menjadi sate bebek. Kriteria utama yang dipilih adalah bebek yang masih muda dengan berat yang cukup. Setelah dilakukan pemotongan, dilakukan pembersihan untuk menghilangkan bau amis yang kurang disuka sebagian orang.

Suasana Warung Sate Bebek Tambak Pak Paiman Banyumas

Akhirnya setelah lama menunggu Sate Bebek Tambak Banyumas tersaji di meja. Sate bebek ini disajikan dengan bumbu dengan potongan tomat, ketimun, kubis, dan irisan bawang merah di bagian tepinya. Bumbu yang dicampurkan dalam sate bebek tampak unik karena mirip dengan sambal kacang. Namun bedanya bumbu tersebut tampak encer tidak seperti sambal kacang yang kental. Bila diperhatikan, bumbu tersebut terbuat dari gilingan kasar kacang yang dicampurkan dengan cabe, kunyit, kemiri, jahe dan rempah-rempah.

Sate Bebek Tambak Banyumas ini dihidangkan dengan nasi putih sebagai pengganti lontong dan kuah gulai bebek sebagai pelengkap. Kuahnya terasa gurih dan sedikit asin karena merupakan pencampuran dari kaldu bebek, bumbu gulai, dan sedikit garam untuk memberikan cita rasa yang lain. Penyajian yang cukup menarik ini membuat saya tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Baca Juga  Bakso Cak Toha Semeru, Rela Berdesak-Desakan Demi Cita Rasa Juara

Penyajian Warung Sate Bebek Tambak Pak Paiman Banyumas

Saat mencicipinya, terasa bumbu khas Sate Bebek Tambak yang lain daripada yang lain. Tekstur sambal kacang yang digiling kasar berbeda dari sambal kacang sate madura yang digiling halus. Selain itu sambal cabe langsung dicampurkan dalam sambal kacang tersebut. Daging bebek terasa cukup empuk meskipun pada bagian kulit masih terasa sedikit alot. Sajian kuah sebagai pelengkap mampu mengurangi rasa eneg pada daging bebek yang kaya lemak dan menambah cita rasa.

Sate Bebek Tambak Banyumas saat ini memang menjadi salah satu kuliner yang wajib dikunjungi saat melintasi Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa. Keberadaannya memberikan warna baru dalam pesona kuliner lokal yang saat ini sedang dikembangkan pemerintah daerah. Harga yang ditawarkan oleh warung Sate Bebek Pak Paiman cukup terjangkau dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Selain itu warung ini dapat menjadi alternatif pilihan kuliner sate bebek tambak selain warung Sate Bebek Pak Encus yang cukup terkenal dan harganya cukup mahal.(text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja Dot Com:

    wah satu tusuknya Rp 20000, terjangkau dan pengen nyoba kapan2 semoga ingat pas lewat jalur selatan :D

  2. wahyu:

    Kalo di Pak Paiman sudah habis atau pas penuh ( Karena Warung sate pak Paiman dan Putranya biasa jadi langanan bapak2 Drive Truck dan angkutan lainnya), bisa ke Putra pak Paiman.
    lokasi pas diseberang jalan di tempat pak Paiman Jualan.
    rasa dan Bumbunya sama persis ( La wong yang ngeracik pasti juga sama ).
    enaknya makan disini ngak kuatir kelewat waktu sholat, La wong lokasi pas depan Masjid Baiturrahman Tambak.
    Up date terbaru, lokasi jualan pak Paiman dan puteranya udah jadi satu, krn lokasi lama depan masjid udah di gusur.

Kirim pendapat