Sate Bebek Tambak Pak Encus, Mahal Tapi Banyak Pilihan

Sate Bebek Tambak Pak Encus merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan kuliner khas Tambak Banyumas yaitu sate bebek. Keberadaannya cukup dikenal karena rumah makannya terlihat mencolok dan paling luas diantara rumah makan dan warung makan lain yang ada disekitarnya. Rumah makan ini menjadi salah satu pelopor dalam mengenalkan kuliner sate bebek di daerah Tambak Banyumas.

Sate Bebek Tambak Pak Encus beralamat di Jalan Raya Tambak No. 19, RT 02 RW 01, desa Pesantren, kecamatan Tambak, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Rumah Makan Sate Bebek Tambak Pak Encus Banyumas Dari Luar

Lokasi Sate Bebek Tambak Pak Encus berada di Jalan Raya Tambak yang berada di pusat kota kecamatan Tambak Banyumas. Posisi tepatnya sebelah kiri jalan sebelum memasuki Pasar Tambak dari arah timur atau sebelah kanan jalan setelah Pasar Tambak dari arah barat. Papan namanya cukup besar di tepi jalan membuat orang segera mengetahui lokasi rumah makan ini. Area parkirnya tidak luas namun cukup untuk menampung beberapa kendaraan beroda empat dan belasan kendaraan beroda dua.

Bagian Dalam Rumah Makan Sate Bebek Tambak Pak Encus Banyumas

Menu makanan yang ditawarkan Rumah Makan Sate Bebek Tambak Pak Encus Banyumas cukup beragam mulai dari menu andalan berupa sate bebek tambak dan menu lain seperti rica-rica bebek, gulai bebek, bebek goreng, bebek panggang/bakar, sate kambing, sop iga sapi, ayam kampung goreng, ayam kampung bakar, dan sebagainya. Sedangkan menu minuman juga tidak kalah beragam seperti es lidah buaya, es pelangi, es marquisa, es carica, es tape, dan sebagainya. Daftar menu makanan dan minuman cukup jelas dan lengkap di papan menu dan buku menu namun kekurangannya tidak diberi keterangan harga. Tidak lama kemudian seluruh pesanan segera tersaji di meja makan.

Baca Juga  Soto Sewu Bantul, Kuliner Soto Termurah Dengan Cita Rasa Unik

Penyajian Sate Bebek Tambak dari Rumah Makan Pak Encus ini dipisah antara sate bebek dengan bumbu kacangnya. Satu porsi sate bebek terdiri dari 10 (sepuluh) tusuk dimana masih-masing tusuk terdapat 3 (tiga) potongan daging bebek (itik). Bumbu kacangnya pun terlihat berbeda dengan sate bebek tambak yang pernah saya cicipi di tempat lain dan lebih mirip seperti bumbu kacang Sate Madura. Selain bubmbu kacang disediakan pula sambal cabe kecap untuk menikmati sate bebek dengan wadah tersendiri. Saat mencicipi sate bebek, dagingnya terasa empuk karena proses pemasakannya cukup sempurna. Bumbunya pun terasa pas di mulut dengan kombinasi rasa gurih, asin, dan sedikit manis. Hanya saja terasa sedikit aneh menikmati bumbu kacang dengan sambal cabe kecap karena keduanya tidak cocok.

Sajian Sate Bebek Tambak dan Rica-Rica Bebek Pak Encus Banyumas

Menu lain yang kami pesan di Sate Bebek Tambak Pak Encus Banyumas yaitu Rica-Rica Bebek lebih mirip seperti semur dengan kuah yang cukup kental. Porsinya terbilang sedikit dengan kuah yang berlebih. Bumbunya terasa cukup kuat dengan dominasi rasa asin dan manis. Bagi kami sendiri cita rasanya kurang menarik dan kurang cocok dilidah. Untuk masalah kepuasan rasa kami lebih condong pada cita rasa Sate Bebek Tambak sendiri yang memiliki bumbu unik dan lain dengan kuliner sate di tempat lain.

Harga menu makanan dan minuman yang ditawarkan Sate Bebek Tambak Pak Encus Banyumas ternyata cukup mahal saat melakukan pembayaran di kasir. Untuk dua porsi makanan berikut minuman biasa (teh panas) menghabiskan biaya hampir 100 ribu. Pengunjung disarankan untuk berhati-hati dan menanyakan harga makanan lebih dahulu agar tidak menyesal dikemudian harinya. Alternatif lain untuk menikmati Sate Bebek Tambak dengan harga yang lebih murah dan terjangkau dapat mencicipinya di warung kakilima diseberang jalan atau disekitar Pasar Tambak Banyumas. Pengalaman lain yang pernah kami lakukan ketika mencicipi Sate Bebek Tambak di warung kakilima adalah warung Sate Bebek Tambak milik Pak Paiman. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Sate Bebek Tambak Pak Encus
Overall
6/10
6/10
  • Sate Bebek - 7/10
    7/10
  • Rica Rica Bebek - 5/10
    5/10

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Cumilebay:

    Aish belum perna nyobain sate bebek

  2. Iqbal Kautsar:

    iki sate enak banget.. Makjoossss..

    • admin:

      Hi Iqbal Kautsar
      Iyo lumayan enak cuma harganya mahal :(

Kirim pendapat