Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Kuliner Samping Candi Sambisari

Saoto Bathok Mbah Katro, Sensasi Kuliner Samping Candi Sambisari
4 (80%) 6 votes

Saoto Bathok Mbah Katro merupakan salah satu sajian soto khas Solo di sekitar Yogyakarta yang sempat menjadi perbincangan di awal tahun 2015 karena selalu ramai dikunjungi setiap hari. Lokasinya cukup strategis karena berada persis disebelah kawasan Candi Sambisari dan ditengah-tengah area persawahan. Selain itu harganya cukup murah hanya berkisar 5.000 (lima ribu rupiah) untuk semangkuk saoto (soto) daging sapi.

Warung Saoto Bathok Mbah Katro atau dikenal dengan Soto Bathok Candi Sambisari beralamat di Jalan Candi Sambisari, Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta atau tepat disebelah utara Situs Candi Sambisari. Penyebutan saoto merupakan istilah yang lazim digunakan di daerah Solo atau Surakarta untuk menyebut makanan soto. Warung ini buka mulai pukul 06.00 (pagi) hingga habis.

Warung Saoto Bathok Mbah Katro Dari Depan

Lokasi Warung Saoto Bathok Mbah Katro berada di sebelah utara Candi Sambisari Sleman. Rute termudah ikuti Jalan Solo ke arah timur yang melintasi Bandara Internasional Adi Sucipto. Sekitar 200 meter setelah gerbang utama masuk Bandara Internasional Adi Sucipto akan menemui papan petunjuk arah di sisi kiri jalan menuju ke Candi Sambisari. Ikutilah jalan menuju ke obyek wisata Candi Sambisari tersebut dengan melewati jalan masuk ke arah kiri. Bila pengunjung melewati gerbang atau gapura Ksatrian Akademi Angkatan Udara Adi Sucipto di tepi Jalan Solo dari arah barat berarti harus memutar arah karena gang jalan masuk tersebut sudah terlewatkan. Dari kawasan Candi sambisari, posisi warung soto tersebut hanya terpaut 50 meter saja ke arah utara.

Warung Saoto Mbah Katro cukup mencolok dari kejauhan karena merupakan satu-satunya warung di sekitar kawasan tersebut dan disekelilingnya masih berupa area persawahan. Selain itu bangunan warung terlihat unik karena terdiri dari gubug-gubug yang menggunakan material utama kayu dan anyaman bambu.  Area parkir pengunjung menggunakan badan jalan yang melintasi depan warung tersebut karena warung ini tidak menyediakan area parkir. Kondisi semacam ini membuat lalu lintas jalan menjadi tersendat atau tidak lancar. Namun keberadaan petugas parkir cukup membantu mengatasi kemacetan lalu lintas dan mencarikan tempat parkir yang masih kosong untuk para pengunjung.

Penjual Saoto Bathok Mbah Katro Sibuk Melayani Pembeli

Pengunjung Warung Saoto Bathok Mbah Katro dipersilakan memesan menu saoto di bagian depan warung sekaligus mengambil nomor antrian. Menu yang disediakan hanya berupa saoto daging sapi saja dan hidangan pendamping berupa tempe goreng. Tidak ada menu lain yang disediakan oleh warung ini. Padahal kami berharap ada macam-macam sate dan hidangan pendamping lainnya seperti warung-warung soto kebanyakan.

Setelah selesai memesan menu makanan, pengunjung warung dipersilakan memilih tempat duduk yang disediakan pada gubug-gubug sederhana di bagian belakang warung. Gubug-gubug tersebut dibangun dengan menggunakan bambu sebagai tiang rangkanya dan beratap dari asbes. Tempat duduk yang disediakan ada yang berupa meja kursi dan ada yang berupa lesehan dengan alas tikar. Disekeliling gubug dibangun taman bermain sederhana dan kolam ikan. Penataan tempat duduk yang santai dan menarik ini menjadi salah satu daya tarik Warung Saoto Bathok Mbah Katro.

Suasana Gubug-Gubug Warung Saoto Bathok Mbah Katro

Penyajian Saoto Bathok Mbah Katro cukup menarik dan menjadi daya tarik utama warung ini. Saoto disajikan dengan bathok atau tempurung kelapa dan bukan menggunakan mangkuk kaca seperti penyajian soto kebanyakan. Ukuran bathok yang kecil membuat sebagian pengunjung menambah porsi saoto lagi. Selain Saoto Bathok sendiri, disajikan pula potongan jeruk nipis, kecap dan sambal cabe sebagai pelengkap.

Sesuai namanya, Saoto Bathok Mbah Katro merupakan sajian soto khas Solo. Komposisi menu Saoto Bathok terdiri dari daging sapi (ditempat lain kadang menggunakan daging ayam), tauge (kecambah), dan daun seledri. Yang membedakan dengan soto khas Jogja adalah pada soto khas Solo tidak menggunakan lenthok.

Penyajian Menu Saoto Bathok Mbah Katro

Cita rasa Saoto Bathok Mbah Katro hampir sama dengan soto-soto khas Solo kebanyakan. Rasa gurih dan segar mendominasi sajian soto di warung ini. Bumbu soto berasa ringan dan lebih condong ke arah rasa segar seperti halnya sajian sop atau sup. Hanya saja penggunaan bahan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (MSG) terlalu berlebihan dan meninggalkan kesan kurang nyaman di tenggorokan. Hal ini dikeluhkan oleh beberapa orang meskipun mereka sudah memesannya tanpa menggunakan tambahan penyedap rasa.

Setelah mencicipi habis menu Saoto Kathok Mbah Katro, tidak ada keunikan rasa yang ditawarkan warung soto ini dibandingkan beberapa warung soto khas Solo lainnya. Sepertinya rasa bukanlah segalanya, terbukti berbagai kalangan banyak mengunjungi Warung Saoto Bathok Mbah Katro. Harga yang murah dan lokasi yang menarik sepertinya menjadi daya tarik utama warung soto ini. Menikmati soto sambil melihat pemandangan persawahan dan situs candi merupakan pemandangan yang cukup langka saat ini. (text/foto: annosmile)

CABANG

  • Cabang Sambisari. Jl. Candi Sambisari, Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta
  • Cabang Borobudur. Jl. Raya Borobudur, Mungkid, kabupaten Magelang, Jawa Tengah
INFORMASI
Saoto Bathok Mbah Katro
Jl. Candi Sambisari, Kalasan, Sleman
Telp: -
Buka mulai pukul 06.00 - habis

Harga (per Maret 2015)
Saoto Daging Sapi : Rp5.000,-
Tempe Goreng : Rp500,-
Sate Usus : Rp1.000,-
Sate Telur Puyuh : Rp2.000,-

PETA

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja.Com:

    saoto ternyata soto khas solo ya mas, wah nama dan lokasinya menarik bgt nih, kpn2 coba ah :D

    • admin:

      Hi EventJogja,
      Silakan dicicipi sajian sotonya dan semoga cocok dengan rasanya :-)

Kirim pendapat