Samsat Wirogunan Yogyakarta, Cepatnya Membayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor

Samsat Wirogunan Yogyakarta, Cepatnya Membayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor
4 (80%) 4 vote[s]

Samsat Kelurahan Wirogunan merupakan alternatif tempat membayarkan pajak kendaraan bermotor sekitar Yogyakarta untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor maupun kendaraan beroda empat atau lebih seperti mobil, minibus, hingga truk. Keberadaannya mempermudah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus datang ke ke kantor Samsat yang dikenal dengan antrian panjang dan lamanya pelayanan. Di tempat ini pengunjung hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Samsat Kelurahan Wirogunan beralamat di Gang Brojopermana, Jalan Taman Siswa Blok MG 2 No.1168, kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta

Lokasi Samsat Kelurahan Wirogunan berada di dalam kompleks kantor Kelurahan Wirogunan. Rute menuju Samsat Kelurahan Wirogunan dari persimpangan SPBU Sentul ke arah selatan menyusuri Jalan Taman Siswa. Perhatikan sisi kanan dan kiri jalan berderet Bimbingan Belajar Neutron Yogyakarta, Waroeng Steak, dan Indomaret Taman Siswa. Pelankan kendaraan setelah melewati area tersebut dan perhatikan kanan jalan atau barat jalan ada gang masuk. Masuk ke dalam gang tersebut hingga tiba di halaman kantor kelurahan Wirogunan. Akses jalan masuk ke dalam gang cukup luas dan dalam dilewati satu buah kendaraan roda empat secara bergantian. Posisi Kantor Samsat Kelurahan Wirogunan berada pada bangunan kecil samping pendopo kelurahan.

Pengunjung yang akan membayar pajak kendaraan bermotor dipersilakan mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Selanjutnya dipersilakan duduk menunggu nomor antriannya dipanggil. Setelah dipanggil, pengunjung dipersilakan menyetorkan berkas yang diperlukan seperti STNK asli dan KTP asli yang identitasnya sama dengan STNK tanpa harus difotocopy. Aturan baru untuk pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor tidak diperlukan membawa BPKB kendaraan bermotor. Tidak lama kemudian pengunjung dipersilakan melakukan pembayaran tagihan pajak STNK secara tunai. Pembayaran secara non tunai sementara ini belum dapat dilakukan di kantor ini. Pengunjung dipersilakan duduk dan kembali menunggu Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-KB dan SW-Jasa Raharja selesai dicetak.

Beberapa menit berselang pengunjung dapat mengambil kembali KTP asli, STNK asli, dan Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-KB dan SW-Jasa Raharja yang baru dimana berlaku untuk 1 (satu) tahun kedepan. Proses pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor atau perpanjangan masa berlaku STNK telah selesai dan pengunjung dipersilakan meninggalkan lokasi. Pengunjung diharapkan melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu sebelum meninggalkan lokasi apakah KTP asli, STNK asli, dan Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-KB dan SW-Jasa Raharja yang diterima benar-benar miliknya dan tidak tertukar. (text/foto: annosmile)

SYARAT PEMBAYARAN PAJAK TAHUNAN
  • STNK Asli
  • KTP Asli sesuai dengan yang tercantum pada STNK
Baca Juga  4 Potensi Wisata Hutan Pinus Di Bantul
INFORMASI
Samsat Kelurahan Wirogunan
Gang Brojopermana, Jalan Taman Siswa Blok MG 2 No.1168, kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta

Jam Operasional
Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB

Kirim pendapat