Sambel Belut Pak Sabar, Sensasi Rasa Pedas Yang Bikin Ketagihan

Sambel Belut Pak Sabar, Sensasi Rasa Pedas Yang Bikin Ketagihan
3 (60%) 2 votes

Warung Sambel Belut Pak Sabar mungkin terdengar tidak asing bagi pecinta kuliner di kawasan Yogyakarta bahkan wisatawan dari luar daerah atau nusantara. Warung ini cukup legendaris karena telah buka sejak beberapa puluh tahun yang lalu dan hingga saat ini cita rasanya tetap terjaga. Sejak awal berdiri, warung ini menyajikan masakan khas pedesaan berupa hidangan sambal belut dan olahan ikan air tawar yang lain.

Warung Sambel Welut (Belut) Pak Sabar ini di dusun Dokaran, desa Tamanan, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta atau tidak jauh dari Jalan Imogiri Barat. Menyediakan menu utama berbahan dasar dari belut sawah dan ikan air tawar.

Warung Sambel Belut Pak Sabar Jalan Imogiri Barat Bantul Dari Luar

Lokasi Warung Sambel Welut Pak Sabar berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat yang berdekatan dengan Sungai Code. Rute termudah menuju ke Warung Sambel Welut Pak Sabar dengan melewati Jalan Imogiri Barat hingga tiba di kilometer 6 kemudian berbelok kiri pada sebuah simpangan jalan kecil tanpa lampu lalu lintas. Ikuti jalan sejauh beberapa ratus meter dan melewati jembatan sungai Code. Pelankan kendaraan dan perhatikan sebelah kanan jalan ada makam dan masjid selanjutnya masuk gang perkampungan di sebelah makam. Ikuti jalan kampung hingga tiba di Warung Sambel Welut Pak Sabar.

Akses jalan menuju ke Warung Sambel Welut Pak Sabar sudah cukup lebar dan mampu dilalui kendaraan beroda empat. Namun area parkir Warung Sambel Welut Pak Sabar cukup terbatas dan pengunjung yang kebagian parkir kendaraan roda empat di persilakan parkir di tepi jalan yang sedikit jauh dari lokasi warung. Untuk parkir kendaraan roda dua tidak begitu masalah karena dapat langsung diparkir di depan warung. Petugas parkir di Warung Sambel Welut Pak Sabar cukup sigap dalam mengatur parkir kendaraan pengunjung agar rapi dan muat banyak kendaraan.

Pintu Masuk Warung Sambel Belut Pak Sabar Jalan Imogiri Barat Bantul

Suasana Warung Sambel Welut Pak Sabar menjelang siang hari terlihat cukup ramai dan hampir seluruh meja terisi oleh pengunjung. Untung saja masih ada beberapa meja yang masih kosong dan dapat digunakan untuk duduk para pengunjung yang baru datang. Pelayan Warung Sambel Welut Pak Sabar yang melihat pengunjung yang baru datang langsung menghapiri dan mencatat pesanannya. Setelah selesai memesan, pengunjung dipersilakan menunggu pesanannya selesai disajikan.

Warung Sambel Welut Pak Sabar dalam kondisi ramai tidak mampu melayani pengunjung dengan cepat. Penyajian menu makanan seperti sambel belut harus diolah per porsi dan tidak asal membuat satu kali pengolahan untuk banyak porsi. Pengunjung diminta bersabar hingga pesanannya tersaji di meja makan. Bila ingin menghindari keramaian warung dan lamanya menunggu pesanan, datanglah pada waktu selain jam makan dan jam istirahat.

Suasana Warung Sambel Belut Pak Sabar Jalan Imogiri Barat Bantul

Pesanan yang ditunggu akhirnya disajikan di meja makan kami. Sebut saja seporsi sambel welut (belut), belut goreng, nasi putih, dan lalapan yang terdiri dari timun, slada, dan kemangi, daun ketela rebus. Penyajian hidangan sambel welut dan welut goreng di Warung Sambel Welut Pak Sabar terhitung cukup banyak serta dapat digunakan untuk porsi dua orang. Bau harum dari bumbu sambel welut membuat kita tidak sabar untuk segera menyantapnya.

Rasa sambel belut cukup pedas sedikit manis ditambah daun ketela rebus yang kaya akan serat. Rasa daging belut yang gurih dan unik, berbeda dengan rasa ikan air tawar membuat orang-orang ketagihan untuk memakannya. Kandungan nutrisi daging belum cukup tinggi bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan vitalitas baik bagi anak-anak dan orang dewasa. Proses pemasakan daging belut tergolong sederhana dengan bumbu khas pedesaan yang menjadi ciri khas warung Pak Sabar ini. Sambal terasi dan rebusan daun ketela melengkapi kebutuhan serat dalam tubug disamping terdapat lalapan. Bagi orang dewasa sebaiknya tidak mengkonsumsi belut secara berlebihan karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Sajian Olahan Belut Khas Warung Sambel Belut Pak Sabar Jalan Imogiri Barat Bantul

Harga yang ditawarkan Warung Sambel Welut Pak Sabar terhitung lebih mahal dibandingkan warung ikan air tawar pada umumnya. Porsi yang besar dan cita rasa yang khas menjadi salah satu alasannya. Selain itu bila pengujung melongok harga jual ikan belut mentah di pasaran yang harganya lumayan tinggi, pengunjung dapat mengerti mengapa harga menu olahan belut cukup mahal. Secara keseluruhan Warung Sambel Welut Pak Sabar cukup menarik menjadi salah satu lokasi wisata kuliner di selatan kota Yogyakarta yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan akses jalan yang lumayan baik. (text: annosmile, foto: ps negoro)

DAFTAR MENU

Makanan
Sambel Welut
Welut Goreng
Gabus Goreng
Lele Lokal Goreng

Minuman
Teh Panas/Es
Jeruk Panas/Es
Kopi
Susu Jahe

INFORMASI
Warung Sambel Welut (Belut) Pak Sabar
Dusun Dokaran, Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY
Telp: 08282753770

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 22.00 WIB (hingga habis)

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. marsudiyanto:

    Di sepanjang Jawa Tengah, mulai dari Utara sampai pol Selatan banyak yang menyediakan makanan berbahan dasar belut.
    Apalagi di sekitar Magelang

  2. fithraw:

    Wuah, manteb mas.
    Kebetulan sekarang sudah move dari Surabaya ke Jogja, dan kebetulan banget kost di Gedong Kuning. Jd gak terlalu jauh2 nih si Belut Pak Sabar (warungnya maksudnya). :D

  3. Evi:

    Nyam..Sambel belut itu enak kelihatannya Mas. Maklum aku juga penggemar belut..

  4. ari:

    Per porsi berapa Mas..kayaknya Maknyus tuh, gurih-gurih enak ya…

    • admin:

      Hi Ari, belinya per ons atau kg. Disesuaikan dengan jumlah orang saja :-)

Kirim pendapat