Rutin Ganti Oli Motor

Mengganti oli pada mesin kendaraan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan agar mesin tetap awet dan nyaman untuk dikendaraan. Meskipun sepele, bila terlambat atau lupa dilakukan akan membuat kinerja mesin menjadi kurang stabil dan dikhawatirkan akan terjadi kerusakan mesin. Kegiatan mengganti oli ini juga saya lakukan untuk sepeda motor saya agar kinerjanya tetap stabil dan meminimalisasi dari kerusakan mesin.

Fungsi oli dalam mesin adalah sebagai pelumas, pendingin, pelindung karat, pembersih, dan penutup celah pada mesin.

Servis Motor

Motor milik saya bukan merupakan motor baru yang masih dikontrol dealer motor sehingga saya sendirilah yang harus mengawasi kinerja dan kondisi motor. Pekerjaan mengganti oli kendaraan pada motor bisa saya lakukan sendiri meskipun kadang-kadang saya menggunakan jasa layanan ganti oli di bengkel. Kali ini saya membawa sepeda motor saya ke bengkel untuk penggantian oli dan service ringan karena saya tidak memiliki peralatan yang lengkap untuk memperbaikinya.

Bengkel yang saya tuju adalah bengkel biasa yang menjadi langganan saya ketika motor mengalami kerusakan yang berat. Saya lebih percaya pada bengkel biasa ini ketimbang bengkel resmi karena harganya cukup murah dan kualitas pengerjaannya lebih baik daripada bengkel resmi. Karena sudah hapal jam-jam sepi pelanggan, ketika datang di bengkel langsung dilayani oleh salah satu montir bengkel.

Mengganti Oli

Proses pembuangan oli berlangsung cuku singkat dan lubang oli dibersihkan dari oli lama yang masih tersisa. Pemilihan merk oli mesin pun tidak sembarangan, saya memilih oli mesin yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan jajaran oli mesin yang harganya paling murah. Tujuan cukup simpel yaitu menjaga agar mesin tetap awet dan kondisi mesin tetap nyaman dikendarai apabila sedikit terlambat mengganti oli. Selain itu juga menjaga performa mesin tetap stabil dan mesin tidak mudah panas ketika melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga  Tips Berwisata di Gunung Bromo

Service lain selain penggantian oli adalah pegecekan pengapian, pembersihan kalburator, pengaturan rantai dan roda. Tujuan service ini adalah kendaraan lebih nyaman dikendarai dan mengetahui perkiraan suku cadang yang nantinya harus segera diganti untuk mencegah kerusakan lain yang timbul pada motor. Montir bengkel tersebut cukup terampil dan tanpa menunggu lama motor saya telah selesai di service. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. m-amin:

    Supaya tidak lupa, catat aja km awal dan akhir saat ganti oli. Tempat untuk mencatat kalau aku …HP adalah tempat terbaik…

Kirim pendapat