Persebaran Rumput Wlingi Di Dataran Tinggi Dieng

Rumput Wlingi merupakan salah satu vegetasi khas yang ditemukan di Dataran Tinggi Dieng. Keberadaan rumput ini banyak ditemukan di sekitar kawasan Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Bentuk daun pada rumput ini hampir sama dengan rumput biasa namun bila diperhatikan terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Rumput Wlingi (deergrass) bernama latin Scirpus grossus termasuk dalam family Cyperaceae. Rumput Wlingi dapat hidup di darat, di tempat kering, dan di air dengan dengan tingkat adaptasi yang tinggi.

Papan Informasi Rumput Wlingi Di Telaga Warna Dieng

Dari sampel foto yang ditampilkan pada papan informasi, akhirnya saya menemukan keberadaan Rumput Wlingi disekitar padang rumput di Telaga Pengilon. Bentuknya hampir sama dengan rumput kebanyakan tetapi ada bagian yang memiliki perbedaan. Perbedaan cukup mencolok dari bentuk daun dan kemunculan bunga yang berwarna kemerahan. Selain itu ciri lain dari Rumput Wlingi adalah warna batang yang sedikit keunguan.

Berdasarkan informasi yang tertulis, Rumput Wlingi memiliki ciri diantaranya batang berbentuk seperti batang rumput teteapi memiliki ruas-ruas yang lebih panjang. merupakan gulma tahunan berumur lebih dari 2 tahun, umumnya berkembang biak secara vegetatif namun ada beberapa spesies yang berkembangbiak secara vegetatif dan generatif, organ perkembangbiakan secara vegetatif berupa akar, rimpang, umbi, dan stolon.

Rumput Wlingi Dieng

Keberadaan Rumput Wlingi di Dataran Tinggi Dieng tidak dilindungi karena jumlahnya cukup melimpah dan tersebar di beberapa lokasi di Dataran Tinggi Dieng. Informasi lain yang belum disebutkan bahwa burung-burung yang hidup di sekitar Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon memanfaatkannya untuk berlindung, bersarang, dan beristirahat. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Mie Ayam Pilist, Lezatnya Mie Ayam Jalan Gatsu Solo

 

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mila:

    gokil. lo jauh2 ke dieng merhatiin rumput kayak gitu? gw sama sekali ga merhatiin ada begituan 

  2. Amin:

    Dapat ilmu tumbuhan baru nich mas, baru pertamakali ini tahu ada rumput wlingi. yang aku tahu “lingi”. mungkin maksudnya lain ya mas.

Kirim pendapat