Rumah Teh Ndoro Donker, Pesona Kuliner Di Tengah Perkebunan Teh Karanganyar

Rumah Teh Ndoro Donker merupakan daya tarik kuliner di tengah-tengah perkebunan teh Kemuning Karanganyar. Rumah teh atau lebih tepat disebut sebagai restoran ini menyajikan menu utama berupa sajian beraneka jenis minuman teh. Sambil menikmati hidangan yang ada, pengunjung dihibur dengan luasnya perkebunan teh dan suasana lereng pegunungan yang masih alami. Tempat ini cocok digunakan sebagai tempat melepas lelah ketika sedang berwisata di sekitar area perkebunan teh ini.

Rumah Teh Ndoro Donker merupakan kedai teh yang berada di Jl. Afdeling Kemuning No 18 atau lebih tepatnya di dalam area perkebunan teh Kemuning, kecamatan Ngargoyoso,  kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bangunan Utama Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Lokasi Rumah Teh Ndoro Donker berada di tengah-tengah area perkebunan teh Kemuning Karanganyar. Rute menuju restoran ini dari pertigaan Jalan Raya Tawangmangu setelah Terminal Karangpandan belok ke arah kiri menuju Kawasan Wisata Candi Sukuh-Cetho. Ikuti jalan terus menuju arah Candi Cetho hingga menemui Terminal Ngargoyoso. Dari terminal ini perjalanan sudah hampir dekat dan tidak lama kemudian memasuki area perkebunan teh. Sekitar beberapa ratus meter menyusuri perkebunan teh akhirnya pengunjung tiba di Rumah Teh Ndoro Donker.

Kendaraan kami parkir di tempat yang disediakan dan kami segera memasuki bangunan Rumah Teh Ndoro Donker. Arsitektur bangunan Rumah Teh Ndoro Donker ini merupakan arsitektur bangunan Belanda. Sebagian ruangan telah mengalami renovasi dan perluasan meskipun tidak menghilangkan keaslian dan nilai historisnya. Beberapa dokumentasi foto tua masih terawat dengan baik dan terpajang di salah satu dinding ruangan.

Bangunan Rumah Teh Ndoro Donker dulunya merupakan rumah dinas kepala perkebunan teh Kemuning pada zaman penjajahan Belanda. Dibangun pada tahun 1700-an dan diambil alih oleh PT Rumpun Sari Kemuning hingga saat ini.

Kasir Pembayaran Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Kami memilih duduk di teras belakang yang menjadi bagian perluasan Rumah Teh Ndoro Donker. Pilihan kami cukup tepat karena dari teras belakang ini, kita bisa melihat pemandangan perkebunan teh Kemuning yang ada disamping kiri dan kanannya. Tidak lama kemudian pelayanan menghampiri kami untuk menawarkan menu yang tersedia.

Baca Juga  Warung Gunung Sigandul, Sajian Khas Kopi Luwak Lereng Gunung Sindoro

Aneka Teh Dari Kebun Teh Kemuning Yang Disajikan Di Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Minuman yang disajikan di Rumah Teh Ndoro Donker adalah bermacam-macam teh yang ditanam di perkebunan teh Kemuning berikut olahannya. Tidak disediakan jenis minuman lain seperti kopi, sirup, jahe, dan sebagainya. Kesimpulannya minuman teh merupakan satu-satunya minuman yang disediakan di kedai teh ini.

Harga satu cangkir teh mulai Rp 7.000,- dan satu teko teh mulai Rp 20.000,- tergantung jenis teh yang ditanam di perkebunan teh Kemuning milik PT Rumpun Sari Kemuning.

Ruangan Sisi Belakang Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Lain hanya dengan menu makanan yang ditawarkan di Rumah Teh Ndoro Donker. Bermacam-macam makanan mulai makanan berat hingga sekedar camilan ditawarkan kepada pengunjung. Kami mencoba mencicipi menu sup iga sapi, nasi goreng, hingga camilan berupa timus keju dan kentang goreng.

Tidak lama kemudian tersaji cangkir sesuai jumlah orang dan beberapa teko sesuai yang kami pesan berikut teko berisi teh hijau, teh melati, dan teh mint. Semua minuman teh tersaji secara fresh dan masih panas. Kami sengaja memesan teh per teko agar semua bisa merasakan sajian teh di Rumah Ndoro Donker ini.

Jenis minuman teh khas Perkebunan Teh Kemuning yang tersedia di Rumah Teh Ndoro Donker antara lain super premium white tea, donker black tea, oolong tea, dan radja tea. Beberapa macam minuman teh lainnya seperti mint tea, earl gray tea, lady gray tea, passion fruit tea, forest tea, dan camomile tea.

Penyajian Teh di Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Sensasi menikmati secangkir teh dan makanan di Rumah Teh Ndoro Donker memang lain daripada yang lain. Seperti menikmati makanan dirumah sendiri yang dihiasi pemandangan indah sambil membayangkan gaya hidup bangsawan pemilik perkebunan. Udara yang sejuk dan bersih dari polusi membuat kami betah berlama-lama sambil menikmati hidangan yang tersedia.

Sebagai restoran tempo dulu, Rumah Teh Ndoro Donker tersedia aneka makanan tradisional yang dikemas ala Eropa. Salah satunya Timus Keju, Kentang Ongloc yang ditaburi parutan keju, Ketela Lumpur Madu, Tahu Tempe Donker, Pisang Panggang, Ubi Jalar Towo, Iga Bakar, Soup Iga, Ayam Panggang, dan lain-lain.

Aneka Menu Makanan Di Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Secara keseluruhan Rumah Teh Ndoro Donker cukup menarik untuk dikunjungi karena konsep kedai teh di tengah perkebunan teh jarang kita temui. Tempat ini cukup disarankan daripada mengunjungi pondok makan dengan menu biasa yang banyak dijumpai di daerah perkotaan. Keberadaannya melengkapi daya tarik kuliner di lereng Gunung Lawu khususnya kawasan Ngargoyoso yang sebelumnya belum tersedia.

Baca Juga  Soto Sawah, Soto Berkuah Paling Segar Di Jogja

Menu makanan yang ditawarkan Rumah Teh Ndoro Donker cukup enak, nyaman dilidah, dan tidak mengecewakan. Harga yang ditawarkan cukup murah dan bervariasi untuk mendapatkan suasana yang jarang ditemui di daerah lain. Bila akhir pekan atau hari libur, Rumah Teh Ndoro Donker tidak menerima reservasi pengunjung. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat