Sajian Mie Ayam Komplit Dari Rumah Makan Colombo Yogyakarta

Rumah Makan Colombo merupakan rumah makan yang cukup legendaris di zamannya. Sisa-sisa kemeegahan rumah makan ini masih tampak dengan desain rumah makan yang elegan khas tempo dulu lengkap dengan meja kursinya. Menu andalan yang ditawarkan rumah makan ini adalah masakan chinnese food, bakso, sup, dan mie ayam.

Rumah Makan Colombo beralamat di Jalan Letjen Suprapto No. 127, kelurahan Pringgokusuman, kecamatan Gedongtengen, kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55272.

Lokasi Rumah Makan Colombo berada di tepi Jalan Letjen Suprapto sebelah utara dekat dengan persimpangan Badran-Pasar Kembang. Posisi rumah makan ini berada di sisi barat jalan atau seberang dari SPBU Gedongtengen. Area parkir rumah makan ini cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua.

Penyajian menu mie ayam bakso pangsit menggunakan mangkok putih berukuran tanggung dimana antara mie dengan kuah dipisah. Pada semangkok mie ayam berisi mie, potongan daging ayam, potongan sawi hijau rebus, dan dua potong pangsit basah atau rebus. Bakmi atau mie yang digunakan berbentuk keriting, berukuran kecil, dan agak kering tidak berminyak. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas dan teksturnya cukup lembut. Bagi saya pribadi ukuran mie yang digunakan mirip seperti yammie seperti Yammie Pathuk yang ada didekatnya.

Cita rasa yang yang ditawarkan sajian mie ayam bakso pangsit ini cenderung gurih tanpa ada dominasi rasa asin ataupun manis. Bumbunya cukup pas dan terasa menyatu dengan mie meski disantap dengan kuah terpisah. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. Pangsit rebus sebagai pelengkap menikmati mie rasanya tergolong biasa. Bakso sapi yang menjadi hidangan tambahan pendamping bersantap mie terasa lumayan. Harga yang ditawarkan Rumah Makan Colombo Pathuk tergolong agak mahal dari standar harga yamie atau mie ayam di sekitar pusat kota Yogyakarta. Secara keseluruhan rumah makan ini menarik disambangi untuk mengenal cita rasa mie ayam oriental yang masih bertahan di kota Yogyakarta seperti halnya RM Mie Bandung di daerah Pathuk yang pernah kami cicipi beberapa waktu yang lalu. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Rumah Makan Colombo
Jl. Letjen Suprapto No. 127, kelurahan Pringgokusuman, kecamatan Gedongtengen, kota Yogyakarta, DI Yogyakarta 55272

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat